2017 Akan Jadi Tahun Pamungkas Malaysia Gelar F1

Juara dunia F1 2016, Nico Rosberg, saat mengaspal di Sepang, Malaysia.
Juara dunia F1 2016, Nico Rosberg, saat mengaspal di Sepang, Malaysia.
Sumber :
  • REUTERS/Russell Boyce

VIVA.co.id – Tahun ini akan menjadi tahun terakhir Malaysia menggelar balapan Formula 1. F1 GP Malaysia, tahun ini akan dihelat 1 Oktober mendatang.

Kejelasan akan masa depan event di Sepang International Circuit, memang sudah diragukan sejak beberapa bulan terakhir. Hal ini menyusul pernyataan dari pihak pemerintah setempat, November lalu, yang tidak berniat memperpanjang kontrak gelaran F1 mereka, padahal sebenarnya baru berakhir pada akhir 2018.

Mundurnya Negeri Jiran dari balapan jet darat, disebabkan tingginya biaya yang harus dikucurkan. Ini tidak sebanding dengan pendapatan dari penjualan tiket.

Setelah dilakukan diskusi dengan pemilik F1 yang baru, Liberty Media, GP Malaysia 2017 resmi menjadi balapan F1 terakhir di sirkuit Sepang. Sementara itu, GP Jerman dipastikan kembali di kalender 2018

“Selalu ada perasaan sedih untuk mengucapkan selamat tinggal kepada tiap anggota keluarga di Formula 1. Selama hampir dua dekade, fans Formula 1 Malaysia telah membuktikan diri sebagai bagian paling semangat dari F1," kata Managing Director, Sean Bratches, dikutip Crash.

"Kami akan memiliki 21 event menarik di tahun 2018, dengan penambahan seri di Prancis dan Jerman. Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih kepada Sepang International Circuit untuk keramahan mereka dan profesionalisme selama bertahun-tahun, dan komitmen mereka untuk olahraga ini," ucapnya.

Meski tak melanjutkan gelaran balapan jet darat, Sepang dan Malaysia tetap berkomitmen menggelar balapan MotoGP. MotoGp dinilai lebih memiliki benefit yang positif ketimbang F1. (asp)