12 Fakta Menarik Jelang Balapan MotoGP Catalunya

Pembalap Yamaha, Valentino Rossi
Sumber :
  • Crash.net

VIVA.co.id - MotoGP kembali digelar akhir pekan ini, Minggu 11 Juni 2017. Seri 7 pada kompetisi kasta pertama balapan motor ini akan berlangsung di Catalunya, Barcelona.

Sukses Gelar MotoGP, Sirkuit Mandalika Jadi Magnet Pariwisata Olahraga

Balapan nantinya akan digelar di Sirkuit Catalunya, dan para pembalap akan melakoni 25 laps, atau setara dengan 118,2 kilometer. Balapan di trek yang memiliki panjang 4.7 km ini diprediksi berlangsung sengit.

Pada seri ini, Valentino Rossi menjadi pembalap dengan catatan cukup cemerlang di GP Catalunya. Dia sudah memenangi 10 kali balapan dalam empat kelas berbeda.

Seperti Rossi, Marc Marquez Sadar Jika Pedro Acosta Berpeluang Juara Dunia

Torehan tersebut menjadikannya sebagai pembalap yang paling sering menang di Sirkuit Barcelona-Catalunya tersebut. Namun, kondisi Rossi masih belum fit jelang balapan nanti, usai kecelakaan motocross pada bulan lalu.

Rekan setim Rossi, Maverick Vinales bakal menjadi ancaman terbesarnya. Sebelum menyaksikan aksi para pembalap tersebut, simak beberapa fakta menarik yang dirangkum dari situs MotoGP.

Maverick Vinales Cetak Sejarah yang Tak Pernah Diraih Valentino Rossi, Ada Andil Suzuki

Berikut data dan fakta menarik dari MotoGP Catalunya:

1. Sirkuit Catalunya untuk kali pertama menggelar balapan pada 1992, dan tahun ini menjadi yang ke-25 secara beruntun di ajang grand prix. Tercatat hanya ada tiga sirkuit yang memiliki catatan lebih panjang dalam menggelar balapan grand prix, yakni Jerez, Mugello, dan Assen.

2.Sejak balapan GP Catalunya di 2002, selalu ada pembalap Spanyol yang menjadi pemenang dalam tiga kelas balapan grand prix.

3. Pada 2013 dan 2014, para pembalap Spanyol berhasil merebut kemenangan di tiga kelas berbeda pada GP Catalunya. Pembalap asal Italia, Andrea Iannone, menjadi pembalap non Spanyol yang meraih kemenangan di sana pada 2012 di kelas Moto2.

4. Pembalap Honda selalu meraih pole position dalam lima tahun terakhir ini, akan tetapi tak ada bisa keluar sebagai pemenang dari posisi tersebut. Pembalap Yamaha yang terakhir meraih pole adalah Jorge Lorenzo pada 2010, dan Ducati oleh Casey Stoner pada 2008.

5. Cuma ada dua pembalap yang sudah memenangi MotoGP Catalunya dari posisi pole, yakni Valentino Rossi pada 2006 dan Jorge Lorenzo pada 2010.

6. Duo Ducati, Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso tengah menjadi kuda hitam di musim ini. Akan tetapi, fakta mencatat bila rider dari Ducati yang terakhir meraih podium adalah Casey Stoner pada 2010 dengan mengisi tempat ketiga.

7. Valentino Rossi menjadi pembalap tersukses di semua kelas dalam gelaran GP Catalunya dengan 10 kali meraih kemenangan, antara lain 125cc (1), 250cc (2), 500cc (1), MotoGP (6). Selanjutnya ada Jorge Lorenzo dan Max Biaggi.

8. Sudah ada delapan kemenangan di kelas primer oleh rider Spanyol di Catalunya: Alex Criville pada 1995 dan 1999, Carlos Checa di 1996, Dani Pedrosa pada 2008, Jorge Lorenzo di 2010, 2012, dan 2013, serta Marc Marquez tahun lalu.

9. Kemenangan terakhir Suzuki dalam balapan grand prix di Catalunya adalah pada 2000 ketika Kenny Roberts memenangi balapan 500cc.

10. Setidaknya selalu ada pembalap asal Spanyol yang mengisi podium dalam balapan MotoGP Catalunya dalam 9 tahun terakhir ini.

11. Kemenangan Marc Marquez di GP Catalunya pada 2015 merupakan kemenangan ke-100 untuk Honda di era four stroke kelas MotoGP sejak 2002.

12. Marc Marquez memenangi MotoGP Catalunya tahun 2015 dan sang adik Alex Marquez memenangi balapan Moto3. Dalam 66 tahun sejarah kejuaraan dunia grand prix, baru kali itu ada pembalap bersaudara yang memenangi balapan di hari yang sama. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya