Cedera Saat Latihan, Berapa Lama Rossi Absen MotoGP?

Valentino Rossi saat latihan enduro.
Sumber :
  • Twitter.com/ValeYellow46

VIVA.co.id – Bintang MotoGP, Valentino Rossi, tampaknya harus merelakan kehilangan gelar juara dunia musim ini. Juara dunia 9 kali ini harus menepi karena cedera patah tulang kaki saat latihan enduro.

Rossi mengalami kecelakaan yang membuat patah tulang tibia dan fibula pada kaki kanannya. Operasi pemasangan pen berhasil dilakukan tanpa komplikasi.

Raffaela Pascarella, dokter yang melakukan operasi, mengatakan pembalap Yamaha Movistar itu butuh setidaknya 30-40 hari recovery untuk bisa balapan lagi.

Setim dengan Pembalap Indonesia Sean Gelael di WEC 2024, Begini Pengakuan Valentino Rossi

"Operasi selama satu jam. Kami memasang pen untuk menstabilkan tulang yang patah," kata Pascarella dikutip dari Crash, Sabtu 2 September 2017.

Menurut dia, Rossi butuh perawatan pasca-operasi selama 3-4 hari di rumah sakit. "Kakinya agak bengkak, dan dia butuh beberapa hari perawatan di sini (RS Ancona) sebelum memulai perawatan fisioterapi."

Berbagi Trek dengan Valentino Rossi, Catatan Waktu Marc Marquez Dirahasiakan

Untuk bisa pulih dan aman berlomba setelah menjalani terapi selama 30-40 hari. "Itu akan memerlukan waktu 30-40 hari demi mengembalikan kondisi yang dia perlukan untuk  berkompetisi di motor MotoGP," kata Pascarella.

Rossi yang sempat merasakan kesakitan luar biasa pada kakinya, mengaku sudah merasakan enak usai operasi. Dia sudah tak sabar lagi untuk bisa memacu motor di trek MotoGP.

"Sekarang saya ingin kembali ke motor secepatnya," kata pembalap 38 tahun itu dalam siaran pers Yamaha Movistar. "Saya akan melakukan yang terbaik untuk membuat itu terjadi."

Dengan cederanya itu, Rossi dipastikan tak bisa mengikuti balapan terdekat yang digelar di kandangnya sendiri, yakni MotoGP Misano, Italia. Rossi juga kemungkinan absen saat MotoGP Aragon, Spanyol.

Akibat cedera ini, Rossi kemungkinan kehilangan peluang menggenapi gelar kesepuluh musim ini. Padahal, posisi Rossi masih menyisakan asa dengan berada di posisi 4 klasemen sementara.

Rossi saat ini berada di bawah Vinales, Marquez dan Dovizioso. Semoga lekas sembuh, The Doctor!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya