Satu Motor Jatuh, Tim MotoGP Rugi Rp1,6 Miliar

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, terjatuh di FP2 MotoGP Valencia.
Sumber :
  • Autosport

VIVA – Balapan MotoGP menjadi salah satu olahraga termahal di dunia. Bagaimana tidak, biaya operasional untuk melakoni balapan dalam semusim bisa menghabiskan dana ratusan miliar rupiah.

Valentino Rossi Gagal, Maverick Vinales Sukses

Mahalnya biaya operasional balapan MotoGP bisa dimaklumi. Teknologi dalam motor MotoGP yang semakin berkembang, tentu membuat harga mesinnya kian meningkat.

Tingginya biaya operasional MotoGP terbukti dari nilai kerugian dari jatuhnya motor seorang pembalap. Kepala Teknisi LCR Honda, Christophe Bourguignon, menyatakan setidaknya, kerugian yang hadir jika motor pembalap jatuh bisa mencapai €100 ribu atau setara Rp1,6 miliar.

Meyakini Kebangkitan Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024

"Kerugian akibat tabrakan atau kecelakaan angkanya mulai dari €15 ribu hingga €100 ribu," kata Christophe dilansir Telegraph.

Sebenarnya, menurut Christophe, angka kerugian bisa di bawahnya. Namun, itu terjadi jika kerusakan muncul di bagian-bagian yang kecil.

Video Marc Marquez Kecelakaan saat Pimpin Balapan hingga Gagal Finis di MotoGP Amerika 2024

"Kalau kami beruntung, bisa seperti itu. Tak perlu keluar uang lagi karena sudah ada stok beberapa bagian motor di truk. Yang sulit, andai rusak di bagian sensitif. Contohnya tangki bensin. Masalah besar akan datang," ujar Christophe.

Pembalap Aprilia Racing, Maverick Vinales

Maverick Vinales Cetak Sejarah yang Tak Pernah Diraih Valentino Rossi, Ada Andil Suzuki

Maverick Vinales menjadi pemenang dalam MotoGP Amerika, Senin 15 April 2024 dini hari WIB. Pembalap Aprilia itu pun berhasil menorehkan rekor yang tak pernah diraih Rossi

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024