Honda DBL Memulai Perjalanan di Sumatera dan Kalimantan

Honda DBL West Sumatera Series
Sumber :
  • Tim Media Honda DBL

VIVA – Setelah resmi dibuka di Surabaya, 20 Juli 2018, Honda Developmental Basketball League (DBL) akhirnya memulai rangkaian di West Sumatera Series dan South Kalimantan Series. Keduanya sama-sama memulai perjalanan pada Jumat, 27 Juli 2018.

DBL Academy Hadirkan Sekolah Basket di Dalam Mal

Dihelat di GOR Prayoga, Padang, Honda DBL sukses memancing ribuan penonton untuk datang langsung menyaksikan tim kesayangannya bertanding. Tak ketinggalan, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, dan Kapolda Sumatera Barat, Irjen Pol Fakhrizal, turut hadir. Keduanya berkesempatan tip off dan meresmikan pembukaan liga basket pelajar terbesar di Indonesia ini.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyebut gelaran Honda DBL West Sumatera Series 2018 ini sebagai salah satu ajang berkompetisi yang positif bagi pelajar di Sumbar. Sementara itu, Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal, mengaku takjub dengan antusiasme para supporter.

DBL Academy U-13 Bakal Bertanding di Turnamen Internasional

"Saya kaget melihat Honda DBL. Saya baru pertama kali melihat turnamen ini dan antusiasme penontonnya luar biasa. Mungkin nanti saya buat juga Kapolda Cup untuk tingkat SMA di Sumbar ini," ujar Irjen Pol Fakhrizal dalam rilis yang diterima VIVA.

Di balik kehebohan para pendukung, ternyata ada pertandingan ketat yang terjadi. Tim basket putri SMAN 12 Padang melawan SMAN 4 Padang terpaksa overtime. 

Pembukaan Honda DBL 2018 Puaskan 9 Ribu Penonton

Di kuarter pertama kedua tim tertahan skor imbang 3-3. SMAN 12 Padang mampu memimpin di dua kuarter selanjutnya. Sayang, saat kuarter terakhir SMAN 4 Padang berhasil menyamakan kedudukan.

Pada tambahan waktu, SMAN 12 Padang berhasil menyarangkan 2 poin. Sementara itu, lawannya hanya membalas 1 poin. Alhasil SMAN 12 Padang berhasil mengunci kemenangan dengan skor akhir 11-10.

Pada sektor putra, SMAN 12 Padang juga meraih kemenangan dengan skor 19-11 atas SMK Dek Padang. Begitu pula dengan tim basket putra SMAN 3 Padang. Penggawa tim Smantri main agresif menghadapi SMAN 13 Padang. Di bawah komando Ghalib Mubarak, SMAN 3 Padang menekan SMAN 13 Padang dengan poin 40-12.

Hal serupa terjadi pula pada tim basket putra SMAN 7 Padang saat melawan SMAN 14 Padang. SMAN 7 Padang tertahan dengan poin 26-19 kemenangan untuk SMAN 14 Padang.

Ribuan Penonton Ramaikan di Opening Honda DBL South Kalimantan Series

Beralih ke Kalimantan Selatan, suasana opening party Honda DBL South Kalimantan Series 2018 juga tak kalah meriah. Sebanyak 3.000 lebih suporter memenuhi tribun GOR Hasanudin Banjarmasin.

Achmad Noor Djaya selaku Kepala Dispora kota Banjarmasin memberi apresiasi atas terselenggaranya kompetisi basket bergengsi ini. "Saya sangat mengapresiasi. Semoga dari kompetisi ini muncul pebasket andal dari Banua kita," katanya.

Hari itu terlaksana empat pertandingan. Tiga pertandingan tim basket putra putra, SMAN 1 Pelaihari vs SMKN 3 Banjarmasin skor pertandingan 25-29, SMAN 1 Banjarbaru melawan SMAN 2 Banjarmasin berakhir kemenangan untuk SMAN 1 Banjarbaru dengan skor 35-22, dilanjutkan pula dengan kemenangan SMAN 6 Banjarmasin yang meraih 4 poin lebih unggul dari SMKN 4 Banjarmasin akhir poin 36-32.

Tak ketinggalan satu pertandingan tim basket putri antara SMKN 5 Banjarmasin yang kalah menahan serangan SMAN 5 Banjarmasin hingga tersungkur dengan poin 15-27.

Project Officer Honda DBL, Imam Hambali mengutarakan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang terlibat. Mulai dari sekolah, pemain, orangtua, dan seluruh sponsor yang ikut menjadi bagian dari pembukaan Honda DBL South Kalimantan Series 2018.

"Dukungan Kepala Dispora kota Banjarmasin Achmad Noor Djaya, Ketua Perbasi kota Banjarmasin, Achmad Maulana Faisal dan Sekretaris Umum KONI Kalsel, Enly Hadiannor yang meluangkan waktu memberi suntikan semangat bagi seluruh peserta tahun ini," kata Imam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya