Jelang Kompetisi IBL, 17 Pemain Asing Jalani Pemeriksaan Kesehatan

17 Pemain Asing Jalani Pemeriksaan Kesehatan jelang Kompetisi IBL
Sumber :
  • VIVA / Hendra Saputra

VIVA – Indonesia Basketball League (IBL) musim 2018/2019 akan segera dimulai. Seri pertama IBL akan berlangsung pada 30 November hingga 2 Desember 2018 mendatang. 

2 Pemain Positif COVID-19, Laga Pelita Jaya Vs Satya Wacana Ditunda

Masih sama dengan musim-musim sebelumnya, pemain asing akan menghiasi IBL untuk musim ini. Para pemain asing ini akan memperkuat klub-klub yang berlaga di kompetisi basket tertinggi di Indonesia.

Dan, sebanyak 17 pemain asing menjalani pemeriksaan kesehatan, Senin, 5 November 2018. Mereka melakoni tes kesehatan di Rumah Sakit Progress, Sunter Jakarta. 

Senjata Baru Amartha Hangtuah Arungi IBL 2022

"IBL seperti biasa setiap serinya selalu mengadakan medical check up untuk pemain asing," kata Direktur IBL, Hasan Gozali kepada wartawan, Senin, 5 November 2018.

"Kali ini ada 17 pemain yang sudah melakukan tes kesehatan. Harapannya dengan kedatangan pemain asing ini, IBL kali ini bisa lebih menarik," lanjutnya. 

Sejarah Baru Tercipta di IBL 2022

Dokter Orthopedic Sport Surgeon Rumah Sakit Progress, Sunter Jakarta, IGM Febry Siswanto mengatakan, tujuan diadakan tes kesehatan tersebut adalah untuk mengetahui kondisi kesehatan terkini para pemain asing IBL. 

Febry menambahkan, melalui kegiatan tersebut maka akan diketahui kondisi tulang, otot, sehingga bisa meminimalisir terjadinya cedera. 

"Ada tiga tahapan yang kita lakukan, dari medical check up, kemudian orthopedi untuk melihat kondisi persendian, otot, tulang, ligamen dan sebagainya. Kemudian segi pengukuran tinggi badan," katanya. 

"Kami akan memberi masukan terhadap penanganan jika ada masalah, ini untuk meminimalisir cedera. Hasilnya akan kami serahkan ke IBL dalam waktu 3-4 hari," lanjut Febri. 

Sementara itu, jika ada pemain yang cedera usai dites kesehatannya, maka akan dilihat seberapa parah. Hasan menyatakan, masih ada dua pekan untuk melihat kondisinya, jika ada pemain yang cedera. 

"Misalkan ringan, dalam dua pekan bisa kami tahan. Jika berat maka akan kami pulangkan dan memberikan kesempatan tim untuk memilih pemain asing lainnya," jelas Hasan. 

IBL musim 2018/2019 akan diikuti sebanyak 10 tim. Di mana setiap tim akan diperkuat oleh dua pemain asing. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya