Erick Thohir Yakin Indonesia 'On Fire' Tatap Piala Dunia Basket 2023

FIBA Central Board Member, Erick Thohir
Sumber :
  • instagram.com/erickthohir/

VIVA – Hasil undian ajang kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 telah resmi dilansir kepada publik, Senin 10 Juni 2019 di Bengaluru, India. Dalam hasil drawing tersebut, 24 negara peserta seolah akan bisa mendapatkan gambaran seperti apa persaingan untuk dapat masuk kualifikasi untuk FIBA Asia Cup 2021.

Terpopuler: Emil Audero Dinaturalisasi Usai Ketemu Erick Thohir Kaka Dicerai karena Terlalu Sempurna

Drawing kualifikasi Asia Cup 2021 ini adalah yang pertama kali diselenggarakan setelah format baru FIBA Asia Cup menggunakan sistem kualifikasi.

Menurut Erick Thohir, yang merupakan anggota FIBA Central Board dan Kandidat IOC member, dengan bergabung Indonesia di Grup A bersama negara-negara yang punya prestasi regional dan Asia itu akan mengasah dan meningkatkan kualitas permainan Indonesia.

Emil Audero Dilirik Timnas Indonesia, Netizen Masih Sakit Hati dengan Ucapan Bapaknya

Sistem pertandingan kejuaraan bola basket dunia berubah menjadi sistem home and away setelah disepakati oleh federasi bolabasket negara-negara anggota FIBA. Dan untuk negara-negara Asia Oceania, kualifikasi FIBA ASIA Cup ini merupakan yang pertama kalinya menggunakan sistem ini.

Dengan adanya sistem home and away menjadi momen bagi suporter tim Indonesia untuk mendukung timnya di kandang. Ada 3 jendela dimana Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah yaitu di tahun ini antara 25 November-3 Desember 2019, di tahun depan antara 17-25 Februari 2020 dan antara 20-27 November 2020.

Shin Tae-yong Beri Kabar Baik ke Emil Audero Sebelum Bertemu Ketum PSSI Erick Thohir

“Untuk lebih memperkuat dukungan pada tim merah-putih, saya dan PP Perbasi akan bersama-sama mencari sponsor dan media partner untuk tim basket Indonesia. Selain itu, hal ini bisa jadi pemanasan bagi Indonesia yang akan menjadi tuan rumah FIBA WORLD CUP (Piala Dunia Basket) 2023 bersama Filipina dan Jepang,” ungkap Erick Thohir di Jakarta, Senin 10 Juni 2019.

Dalam kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 nanti, ada 24 negara yang berpartisipasi dan dibagi menjadi 6 grup. Dua tim teratas masing-masing grup langsung meraih tiket putaran final.

Enam negara di peringkat ketiga klasemen akan menjalani putaran kedua untuk memperebutkan empat slot dari total 16 peserta. Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 digelar dengan format kandang-tandang pada akhir November hingga awal Desember 2019, dan Februari 2020.

Menurut rencana,  bulan Juli 2019, FIBA akan melakukan inspeksi untuk melihat venue pertandingan yang akan dipergunakan dan hotel untuk tim tamu dan wasit FIBA. Venue pertandingan yang diajukan Indonesia adalah Britama Arena-Mahaka Square, Kelapa Gading Jakarta.

Berikut hasil lengkap undian kualifikasi FIBA Asia Cup 2021:

Grup A:
Filipina
Indonesia
Thailand
Korea Selatan

Grup B:
Taiwan
Jepang
Malaysia
China

Grup C:
Australia
Hong Kong
Selandia Baru
Guam

Grup D:
Bahrain
Lebanon
India
Irak

Grup E:
Arab Saudi
Suriah
Qatar
Iran

Grup F:
Yordania
Kazakhstan
Sri Lanka
Palestina

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya