Tekuk Indonesia, Filipina Juara SEABA 2011

Indonesia VS Singapura Saat SEABA 2011 di Jakarta; Faisal Julius Ahmad
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Hasil mengecewakan kembali harus diterima timnas basket Indonesia dalam ajang South East Asia Basketball Accociation (SEABA) Championship 2011. Timnas Indonesia gagal meraih gelar juara setelah ditaklukkan lawan tangguh, Filipina di laga Final dengan skor telak 89-50.

Dalam laga ini, anak-anak asuh Rastafari Horongbala sebenarnya sempat memberikan perlawanan ketat terhadap dominasi Filipina. Namun, permainan cepat Filipina tidak dapat diredam oleh Xaverius Prawiro dan kawan-kawan.

Memulai laga di kuarter pertama, timnas Filipina langsung memperagakan permainan cepat dan dengan leluasa menerobos pertahanan Indonesia. Berbeda dengan timnas Indonesia yang masih kesulitan menembus pertahanan Filipina. Akhir kuarter pertama, Indonesia tertinggal cukup jauh, 31-10

Masuk kuarter kedua, timnas Indonesia berusaha memperbaiki barisan pertahanannya. Dan terbukti efektif dapat meredam serangan yang dibangun timnas Filipina serta memperpendek selisih skor menjadi 46-27.

Di babak ini dihiasi oleh sejumlah pelanggaran yang dilakukan kedua belah pihak. Selain itu, aksi protes sejumlah para pemain Filipina terkait keputusan wasit pun sempat mewarnai laga. Namun hal ini tidak mengganggu jalannya pertandingan.

Namun memasuki kuarter ketiga, dengan pola serangan yang bervariasi, Filipina kembali mendominasi laga dan memperlebar selisih angka menjadi 67-35. Kondisi serupa juga terjadi kuarter keempat, Indonesia tidak berdaya menghalau serangan Filipina. Laga ditutup dengan skor 89-50 untuk kemenangan Filipina.

Usai laga, asisten pelatih Indonesia, Fictor Roring menuturkan tim Filipina merupakan tim yang matang dan memiliki berpengalaman. "Jujur, terlihat tim yang memiliki persiapan bagus. Filipina telah terbentuk sejak 4 tahun lalu. Dan kami baru 2 bulan," ujar Fictor.

"Kita bisa belajar dari mereka. Masih banyak hal yang harus dibenahi. Banyak pengalaman berharga dari tim Filipina," tegas Fictor.

Alasan PDIP Absen saat Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wapres Terpilih
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)

Suku Bunga BI Naik Diproyeksi Topang Penguatan IHSG, Cek Saham-saham Berpotensi Cuan

Indeks harga saham gabungan atau IHSG melemah 6 poin atau 0,09 persen di level 7.167, pada pembukaan perdagangan hari ini.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024