FIBA Asia 2011

Timnas Indonesia Optimistis Hadapi India

Indonesia VS Singapura Saat SEABA 2011 di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Tim nasional bola basket Indonesia optimistis bisa menundukkan India dalam perebutan posisi 13 besar di Kejuaraan FIBA Asia 2011 sore ini, Selasa 20 September 2011.

Setelah menelan tiga kekalahan di babak penyisihan Grup C, Indonesia sukses meraih kemenangan pertama di FIBA Asia 2011 dengan mengalahkan Bahrain di semifinal playoff posisi 13-16. Kemenangan tersebut melecut semangat Rony Gunawan dan kawan-kawan.

Indonesia akan menghadapi India dalam perebutan posisi 13-14 di Hongshan Gymnasium, Wuhan, China, sore ini. Asisten Manajer Timnas Basket Indonesia Andiko Ardi Purnomo menegaskan meski India memiliki keunggulan postur, namun tim Merah Putih percaya diri bisa mengatasi India.

"Kemenangan atas Bahrain membuat tim semakin percaya diri untuk menghadapi India. Pemain India juga besar-besar seperti Bahrain, tapi kami yakin. Sebelumnya Malaysia juga berhasil mengalahkan India di babak grup," ujar Andiko saat dihubungi VIVAnews.com.

Meski optimistis, Andiko menegaskan timnas Indonesia bukannya tanpa kendala. Pasalnya, Indonesia kekurangan amunisi di posisi point guard. Praktis tinggal Mario Wuysang yang berposisi sebagai point guard di tim menyusul cedera yang dialami Faisal J Ahmas sebelum keberangkatan ke China.

"Kondisi ini masalah buat tim. Karena kan kita tidak bisa memaksakan Mario bermain sepanjang pertandingan. Untuk mengatasinya pelatih (Rastafari Horongbala) berusaha mencoba pemain yang berposisi shooting guard seperti Xaverius Prawiro dan Mario Gerungan," tegas Andiko.

Menanggapi sukses Indonesia memperbaiki posisi di FIBA Asia 2011, Andiko menilai hal tersebut tidak terlalu penting. "Yang utamakan fokus kita untuk SEA Games 2011. Pastinya kejuaraan ini bagus untuk menambah pengalaman jelang SEA Games," papar Andiko.

Timnas Indonesia sukses memperbaiki posisi di FIBA Asia 2011 setelah lolos ke perebutan posisi 13-14 menghadapi India. Sebelumnya di FIBA Asia 2009, Indonesia hanya berada di posisi 15. (irb)

Drama Adu Penalti, Ini 5 Fakta Real Madrid Pulangkan Manchester City di Liga Champions
Komandan tim TKN Golf Haris Rusli Moti (tengah)

TKN Sebut Puluhan Ribu Pendukung Prabowo-Gibran Akan Ajukan Diri Jadi Amicus Curiae

TKN Golf dari Prabowo-Gibran mengajak para pendukung dan pemilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming untuk menjadi amicus curiae atau sahabat pengadilan secara massal.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024