97 Tim dari 53 Kampus Ikuti Kompetisi Basket LIMA

Aksi para atlet basket di Liga Mahasiswa
Sumber :
  • Ligamahasiswa.co.id
VIVAnews
Tim Basket AS untuk Olimpiade 2016 Nikmati Fasilitas Mewah
- Sebanyak 97 tim bola basket dari 53 universitas di Indonesia ambil bagian dalam Liga Mahasiswa (LIMA) bertajuk LIMA Basketball Season 2013-1014. Kompetisi ini akan digelar di 6 kota, yaitu Yogyakarta, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan Malang, mulai 17 Oktober 2013.

Wasit Basket Berhijab Asal Indonesia Tuntut Keadilan

Kompetisi yang akan berlangsung hingga Februari 2014 ini juga akan diikuti 5 Conference. Yaitu Air Mineral Prim-A Greater  Jakarta Conference (14 tim putra dan 12 tim putri), Blibli.com West Java Conference (12 tim putra dan 8 tim putri), Kaskus Central Jaya DIY Conference (15 tim putra dan 12 tim putri), dan McDonald’s  East Java Conference (12 tim putra dan puti), serta Nusantara Conference.
Manu Ginobili Dipanggil Timnas Argentina


“Jumlah peserta tahun ini meningkat dari penyelenggaraan tahun sebelumnya yang hanya  81 tim basket dari 45 universitas. Seiring dengan meningkatnya jumlah peserta diharapkan kualitas kompetisi ini berlangsung lebih baik,” kata CEO Liga Mahasiswa, Ryan Gozali dalam jumpa pers di Yogyakarta, Rabu 16 Oktober 2013.


Kesuksesan penyelenggaraan LIMA Basketball telah dipercaya meningkatkan animo mahasiswa untuk kembali mengikuti kompetisi tahunan ini. Kesuksesan ini juga meningkatkan kepercayaan PB Perbasi terhadap LIMA.


“PB Perbasa berharap peserta LIMA ini bisa dikembangkan dari Nusantara Conference. Dari luar jawa tidak saja tergabung dari Nusantara Conference namun juga dapat dipecah lagi menjadi Conference Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua,” jelasnya.


Sementara itu Wakil Sekjen PB Perbasi DIY, Andy Irawan menjelaskan, babak penyisihan liga mahasiswa ini dilaksanakan di masing-masing wilayah. Sedangkan grand final dilakukan di Yogyakarta pada pertengahan Februari 2014.


LIMA Basketball Season kali ini menerapkan peraturan FIBA 2012 dan aturan khusus dari Liga Mahasiswa, seperti mewajibkan peserta memiliki IPK dengan batas minimal 2,0.Tahun ini gililran Kaskus Central Java DIY Conference menjadi tuan rumah babak grand final.


Pertandingan di Conference ini dilaksanakan di dua kota berbeda, yakni di GOR Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta dan Sport Hall Universitas Katolik Soegijapranata (Unika) Semarang. Sebanyak 15 tim putra dan 12 tim putri bakal bertanding memperebutkan tiket ke grand  final.


“Kompetisi memperebutkan total hadiah Rp 121 juta ini menerapkan konsep student-athlete, karena diyakini atelt yang pintar akan menjadi atlet yang lebih baik,” katanya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya