Masih Ingat 'Tembok Besar NBA' Bernama Dikembe Mutombo?

Legenda NBA, Dikembe Mutombo, saat membela Atlanta Hawks
Sumber :
VIVA.co.id -
Kenang Kobe Bryant, NBA Perkenalkan Desain Baru Trofi MVP All-Star
Kalau anda seorang pecinta basket pada era 1990-an, maka nama Dikembe Mutombo pasti sudah tidak asing lagi. Namanya kembali muncul setelah masuk ke daftar calon peraih
Basketball Hall of Fame
LA Lakers Resmi Berikan Kontrak Reguler pada Stanley Johnson
.
Patung Kobe Bryant dan Putrinya Didirikan di Lokasi Kecelakaan

Mutombo adalah salah satu pemain bertahan terbaik di NBA, meraih penghargaan empat kali pemain bertahan terbaik dunia. Ia bermain sejak 1991 bersama Denver Nuggets dan pensiun pada 2009 bersama Houston Rockets.

"Ini seperti mimpi jadi kenyataan," ujar Mutombo, seperti dilansir
Reuters
. "Pertahanan terus menjadi fokus penting dalam kesuksesan sebuah tim basket."


Mutombo memulai karir di Georgetown University setelah mendapatkan beasiswa dari USAID. Pelatih John Thompson melihat bakat tersembunyi dari pria yang kala itu tak bisa bahasa Inggris tersebut. Pemuda kelahiran Kongo itu berbelok ingin menjadi dokter menjadi seorang
center
paling mematikan bersama rekannya, Alonzo Mourning.


Pada musim debutnya, Mutombo langsung masuk tim All-Star meski berstatus
rookie
. Dengan rata-rata 16,6 poin, 12,3 rebounds, dan hampir tiga blok per pertandingan, ia pun langsung sukses mendapatkan gelar pemain bertahan terbaik pertamanya.


Selama karirnya, Mutombo berhasil delapan kali masuk tim All-Star. Selain Nuggets, Mutombo sempat bermain dengan Atlanta Hawks, Philadelphia 76ers, New Jersey Nets, New York Knicks, sampai menutup karir di Houston Rockets.


Pada musim terakhirnya bersama Houston, Mutombo saat itu menjadi pemain tertua di NBA. Karirnya berakhir pada kuarter kedua Game kedua babak pertama playoff ketika terjatuh dalam posisi yang salah di laga kontra Portland Trail Blazers.


Mutombo pun mengumumkan pensiun dari dunia basket NBA pada 23 April 2009. Setelah 18 musim tampil di kompetisi basket paling bergengsi tersebut, sosok setinggi 2,18 meter itu akhirnya menghilang dari lapangan.


Setelah pensiun, Mutombo fokus dalam membangun Kongo baik dari membuat sebuah rumah sakit sekaligus memperlebar sayap NBA ke benua Afrika. Tapi, kini namanya mulai terdengar lagi usai masuk sebagai calon
Hall of Fame
.


"Saya beruntung bisa bermain dengan Alonzo Mourning, salah satu pemain dan yang pasti defender terbaik di basket. Selain itu dilatih oleh Jon Thompson, yang fokus pada pertahanan setiap hari. Itu pun membuahkan hasil," tambah Mutombo.


Selain Mutombo, ada empat nama lain yang masuk sebagai kandidat. Yaitu, Jo Jo White, Tim Hardaway, Spencer Haywood, dan Kevin Johnson. Selain itu, tiga kali MVP WNBA dan peraih empat medali emas, Lisa Leslie, juga masih sebagai calon.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya