Musim Depan, Liga Basket Indonesia Pakai Pemain Asing

Sekjen Perbasi, Amran A Sinta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Riki Ilham Rafles
VIVA.co.id
Tim Basket AS untuk Olimpiade 2016 Nikmati Fasilitas Mewah
- Liga Bola Basket Indonesia atau Indonesia Basketball League (IBL) musim depan akan menggunakan regulasi di mana setiap klub peserta diperbolehkan menggunakan jasa satu pemain asing dan naturalisasi. 

Wasit Basket Berhijab Asal Indonesia Tuntut Keadilan
Wacana ini sebenarnya sudah diajukan sejak tahun lalu oleh Perbasi. Hanya saja, saat itu masih menimbulkan pro-kontra di kalangan pemilik klub sendiri.

Pelita Jaya Gasak Pacific Caesar, Satria Muda Kalah Lagi
Akan tetapi, demi kepentingan perkembangan basket tanah air, Perbasi pun mencoba serius mendorong niatannya tersebut agar keinginan mereka bisa terwujud.

"Kita akan batasi pemain asing satu, dan naturalisasi satu. Biar ada kesempatan juga buat pemain lokal berkembang," kata Sekretaris Jenderal Perbasi, Amran A Sinta.

Selain itu, IBL juga akan menerapkan sistem draft pick, yakni dengan mempromosikan para pebasket muda yang belum pernah bermain di level profesional di setiap musimnya.

"Draft pick itu nantinya akan diambil dari liga mahasiswa. Karena dari sisi pengalaman tidak terlalu jauh perbedaannya dengan pemain profesional kan," tutur Amran.

"Untuk mekanisme keseluruhan, kami masih akan godok lagi. Termasuk masalah hadiah yang akan diterima setiap klub yang jadi juara," imbuh dia. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya