Cerita 4 Duo Terbaik dalam Sejarah NBA (Bagian I)

Pemain LA Lakers, Kareem-Abdul Jabbar dan Magic Johnson
Sumber :

VIVA.co.id - NBA kerap menghadirkan kombinasi-kombinasi mematikan dari dua bintang dalam satu klub. Sejarah mencatat keberhasilan suatu klub kerap andil dari dua pilar penting mereka.

Berikut daftar empat duo terbaik sepanjang sejarah NBA, bagian pertama, seperti dilansir dari Cheat Sheet:

4. John Stockton dan Karl Malone

LA Lakers Resmi Berikan Kontrak Reguler pada Stanley Johnson

Stockton dan Malone adalah dua pemain NBA dengan kualitas individu luar biasa, tapi tak pernah menjadi juara. Secara individu, Stockton mencatatkan 15.806 assists. Sedangkan "The Mailman" mencatatkan 36.928 poin sepanjang karir dan menjadi rekor kedua terbaik di NBA.

Dalam permainan pick and roll, Stockton berkali-kali mengirimkan operan manis untuk dihantam Malone ke ring baik dengan layup, baby hook, scoop shots, sampai dunk. Tak jarang, Malone memberikan bantuan dengan menghalangi lawan agar Stockton bisa melepaskan tembakan tiga angka akuratnya.

Berhasil dua kali kali menembus NBA Finals secara beruntun bersama Utah Jazz, di 1997 dan 1998, Stockton dan Malone gagal mengatasi penampilan luar biasa Chicago Bulls yang diperkuat Scottie Pippen dan Michael Jordan. Jump shot Jordan di akhir-akhir pertandingan di NBA Finals 1998 membuat publik Utah terperangah.

3. Kareem Abdul-Jabbar dan Magic Johnson

Patung Kobe Bryant dan Putrinya Didirikan di Lokasi Kecelakaan

Kombinasi mematikan LA Lakes di era awal 1980-an ini muncul bukan disengaja. Magic yang baru berusia 20 tahun merupakan seorang rookie, sedangkan Kareem sudah jadi bintang di usia 32 tahun, dimasukkan pada Game 6 NBA Finals 1980 menggantikan salah satu pemain Lakers.

Penampilan debutnya langsung mencuri perhatian dengan mencetak 42 poin, 15 rebounds, dan 7 assists sekaligus berhasil mengamankan gelar MVP NBA Finals. Tapi, kombinasi mematikan ini baru muncul pada tengah musim 1981-1982. Magic sangat andal dalam fast-break dan juga dalam urusan assists.

Hal ini memudahkan Kareem dalam urusan mencetak poin demi poin. Pencatat rekor poin terbanyak dalam sejarah NBA itu tinggal meneruskan umpan-umpan ajaib Magic.

Pada Game 4 NBA Finals 1987, Magic sedikit menjiplak aksi dari seniornya tersebut. Menusuk ke tengah menuju ring dan mencetak poin kemenangan dengan baby sky-hook saat buzzer berbunyi. Pada akhirnya, Magic Johnson dan Dr. J berhasil mengoleksi lima cincin juara pada 1980, 1982, 1985, 1987, dan 1988. (One)

LeBron James Sumbang 29 Poin, LA Lakers Tebas Orlando Magic

Bersambung...

Kobe Bryant saat membawa Los Angeles Lakers juara NBA 1999/2000

Kenang Kobe Bryant, NBA Perkenalkan Desain Baru Trofi MVP All-Star

Trofi Kobe Bryant baru ini dihadirkan NBA menggandeng seniman Victor Solomon yang kerap dipercaya oleh para bintang NBA.

img_title
VIVA.co.id
4 Februari 2022