Format IBL Berubah Signifikan, Berikut Informasi Lengkapnya

CLS Knight lawan Pelita Jaya di final IBL
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id – Indonesian Basketball League (IBL) 2017 akan menggunakan format kompetisi baru. Jika sebelumnya digunakan sistem satu wilayah (round-robin), kali ini IBL akan menggunakan sistem grup.

Kunci Kebangkitan Bima Perkasa Usai Cetak 2 Kemenangan Beruntun

Sebanyak 11 tim akan saling jegal untuk jadi yang terbaik di Indonesia. Mereka adalah CLS Knights Surabaya, W.88 News Aspac Jakarta, Pelita Jaya Energi Mega Persada, Pacific Caesar Surabaya, Satya Wacana Salatiga, Satria Muda Pertamina Jakarta, Bank BJB Garuda Bandung, Hang Tuah Sumatera Selatan, NSH Jakarta, JNE Siliwangi Bandung, dan pendatang baru, Bima Perkasa Yogyakarta.

Para kontestan ini akan dibagi ke dalam dua divisi, Divisi Merah dan Divisi Putih. Di Divisi Merah, juara bertahan CLS Knights Surabaya akan berjibaku dengan empat tim lainnya, Satria Muda Pertamina, Bank BJB Garuda Bandung, JNE Siliwangi Bandung, dan Bima Perkasa Yogyakarta.

IBL 2022 Bergulir Lagi, Terapkan Sistem Gelembung

Sementara itu, Pelita Jaya Energi Mega Persada yang berstatus runner-up musim lalu, akan saling jegal di Divisi Putih dengan W88.News Aspac Jakarta, Hang Tuah Sumsel, Satwa Wacana Salatiga, NSH Jakarta, dan Pacific Caesar Surabaya.

Regular season akan dilangsungkan dalam delapan seri yang digelar di lima kota besar, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta.

COVID-19 Mengganas, Seluruh Laga IBL 2022 Hari Ini Ditunda

Dua tim yang keluar sebagai juara grup, akan langsung lolos ke babak semifinal (final four). Sementara itu, dua tiket final four akan diperebutkan empat tim peringkat kedua dan ketiga dari masing-masing divisi. Laga perebutan dua tempat semifinal, akan menggunakan sistem best of three, kandang tandang.

Tim peringkat kedua akan lebih dahulu memainkan laga tandang, sebelum melakoni dua laga kandang selanjutnya.

Seri satu IBL 2017 akan digelar pada 20-22 Januari 2017 di Gelanggang Olahraga Kertajaya, Surabaya. Ada nama baru tapi lama yang ikut di ajang ini, Bima Perkasa Yogyakarta.

Berikut Pembagian Divisi IBL 2017:

Divisi Merah:

1. CLS Knights Surabaya
2. Satria Muda Pertamina Jakarta
3. Bank BJB Garuda Bandung
4. JNE Siliwangi Bandung
5. Bima Perkasa Yogyakarta

Divisi Putih:

1. Pelita Jaya Energi Mega Persada
2. W88.News Aspac Jakarta
3. Hang Tuah Sumsel
4. Satya Wacana Salatiga
5. NSH Jakarta
6. Pacific Caesar Surabaya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya