Jelang Asian Games, PRSI Umumkan Agenda Pelatnas Tim Renang

Tim renang Indonesia
Sumber :
  • PB PRSI

VIVA – Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) akan menggelar pelatnas tim nasional renang di Bali, jelang Asian Games 2018. Sebanyak 15 atlet putra dan putri disiapkan untuk intens berlatih di bawah arahan pelatih David Armandoni sejak pekan ini hingga bulan Maret mendatang.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Menurut Wakil Ketua PB PRSI, Harlin E Raharjo dipilihnya Bali sebagai lokasi pelatnas dimaksudkan untuk menghadirkan suasana berlatih yang ideal. Fasilitas di kolam renang Tirta Arum Abiansemal, Kabupaten Badung sangat mendukung untuk mengembalikan fokus tim.

"Selain itu juga beberapa atlet memang tinggal di Bali. Mereka fokus berlatih di sini dibanding daerah lainnya. Satu atlet berlatih di Jakarta, satu lainnya di Australia," ungkap Harlin saat meninjau pelatnas tim renang, Kamis 1 Februari 2018.

Akuatik Indonesia Resmi Ganti Nama Jadi Federasi Akuatik Indonesia

Harlin melanjutkan, pada awal bulan Maret atlet renang Indonesia akan berangkat menuju Australia untuk menggelar swimming camp dan uji coba. Lalu pada akhir bulan April atau awal Mei mereka akan dikirim ke Amerika Serikat untuk menjalani program serupa.

"Di Australia nanti mereka akan berkompetisi dengan atlet renang di sana pada ajang Commonwealth Games," ujar Harlin. Dengan program tersebut, Harlin berharap atlet yang akan tampil pada ajang Asian Games terlatih secara teknik, fisik dan juga mental.

Millennium Aquatic Jakarta Juara 8 Kali Kejurnas IOAC 2023

"Karena mereka akan bersaing dengan perenang yang berada di level dunia. Kami yakin dengan latihan keras yang kompetitif mereka akan swmakin matang, siap srcara teknik, fisik dan mental," paparnya.

Sementara itu, untuk prioritas pelatihan atlet lebih dititikberatkan pada mereka yag meraih medali emas pada SEA Games lalu ditambah beberapa sprinter. "Tapi untuk yang di Australia semua tim pelatnas akan ikut uji coba. Di sini juga hampir semua terlibat," kata Harlin.

Selanjutnya, untuk jadwal keberangkatan atlet ke Australia dan Amerika, akan dirapatkan pada Jumat 2 Februari 2018.

"Jadi, untuk jadwal uji coba termasuk siapa saja perenang yang akan diberangkatkan kita rapatkan dulu. Semua aspek akan kita pikirkan, karena atlet-atlet kita beberapa ada yang sudah berkeluarga, masih pelajar dan lain sebagainya," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya