Target PB PRSI di Ajang Asian Games 2018

Suasana time trial cabang renang PB PRSI
Sumber :
  • VIVA.co.id/Radhitya Andriansyah

VIVA – Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) tengah memusatkan atletnya untuk berlatih serius di Bali. Pemusatan latihan di Bali digelar sejak pekan ini hingga awal Maret depan. Selanjutnya, sebanyak 17 atlet akan bertolak ke Australia untuk kembali menjalani pemusatan latihan dan uji coba dengan atlet renang asal Negeri Kanguru.

Akuatik Indonesia Resmi Ganti Nama Jadi Federasi Akuatik Indonesia

Dari Australia, atlet-atlet Indonesia akan bertolak ke Amerika Serikat pada akhir Maret atau awal Mei. Di Negeri Paman Sam mereka akan menjalani program sama seperti di Australia. 

Wakil Ketua Umum PB PRSI, Harlin E Raharjo, mengaku institusinya begitu serius mempersiapkan atletnya di ajang Asian Games. Asanya satu, PB PRSI ingin menyumbangkan medali kepada Tanah Air.

Millennium Aquatic Jakarta Juara 8 Kali Kejurnas IOAC 2023

"Target medali minimal 1 saja itu sudah sejarah buat kami. Kita terakhir mendapat medali itu tahun 1990. Sudah sejak 28 tahun lalu kita tak mempersembahkan medali untuk bangsa," kata Harlin di kolam renang Tirta Arum, Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali, Kamis 1 Februari 2018.

Ia optimistis atlet renang Indonesia mampu menyumbangkan medali, meski hanya perunggu. Sebut saja misalnya Gede Siman. Pada ajang Sea Games ia hanya terpaut 0,02 detik saja dari peraih medali perunggu. Begitu juga dengan Indra Gunawan yang memiliki catatan rekor nasional cukup baik. Jika Indra Gunawan dapat mempertahankan rekor nasionalnya, Harlin optimistis medali perunggu dapat dikemas.

Indonesia Lolos Final Renang Estafet Campuran Asian Games 2023

"Dari dua atlet itu kami optimistis dapat meraih medali, minimal perunggu. Belum lagi Gagarin yang grafiknya sedang menigkat. Dia juga masih muda. Ada pula Triadi sebagai kuda hitam," papar Harlin.

Ia percaya dengan kerja keras atlet yang telah dilakukan belakangan ini PB PRSI dapat menyumbangkan medali. "Harapan ada, tapi harus kerja keras. Kita levelnya sudah dekat untuk mendapatkan medali, tapi latihan harus yang baik," ujarnya.

Menurut Harlin, ajang Asian Games merupakan momentum bagi PB PRSI untuk meningkatkan prestasi di masa mendatang. Sebut saja misalnya pada ajang Sea Games berikutnya PB PRSI menarget cabang olahraga renang mampu menyumbangkan tujuh hingga delapan medali. "Setelah itu, target berikutnya adalah lolos Olimpiade. Syukur kalau kita masuk semifinal Olimpiade, itu sejarah," demikian Harlin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya