Tim Renang Indonesia Berlatih di Australia dan Amerika

Perenang I Gede Siman Sudartawa.
Sumber :
  • Ridho Ikhlas Permana

VIVA – Atlet renang Indonesia, I Gede Siman Sudartawa, bakal menjalani pemusatan latihan di Australia dan Amerika Serikat jelang Asian Games 2018. Siman akan terlebih dahulu berangkat ke Australia pada Sabtu, 10 Februari 2018 mendatang dan melakukan pemusatan latihan bersama lima atlet putra lainnya.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Siman juga akan turut serta dalam ajang Hancock Prospecting Australian Swimming Championship 2018 sebagai salah satu agenda uji coba. Siman berharap semua persiapan yang dilakukan bisa menghasilkan prestasi yang terbaik di Asian Games 2018 karena target yang dibebani olehnya adalah meraih medali di nomor gaya punggung 50 atau 100 meter.

"Kejuaraan itu akan digelar pada akhir Februari, di sela-sela pemusatan latihan saya di sana. Berangkat Sabtu akhir pekan ini dan kembali ke Indonesia pada 21 April, setelah seminggu di Jakarta nanti saya akan berangkat lagi ke Amerika Serikat untuk melakukan pemusatan latihan lagi di sana," kata Siman.

Kolaborasi Akuatik Indonesia dengan Komunitas Renang Indonesia di Festival OWS Bali

Siman menjelaskan bahwa tujuan pemusatan latihan di Australia lebih kepada pelatihan endurance. Sedangkan di Amerika Serikat, ia akan fokus untuk memantapkan latihan sprint dan uji tanding dalam beberapa kejuaraan.

"Sebenarnya harapan saya bisa melakukan lebih banyak pelatihan dan try out di luar negeri. Dengan demikian saya bisa terus memacu dan memperbaiki catatan waktu yang saya miliki untuk mengejar target di Asian Games nanti," ungkap Siman.

Anggota TNI Serda Archia Febra Raih Penghargaan Usai Taklukan Selat Sunda Sejauh 39 Kilometer

"Saya minta doa dan dukungannya, semoga nanti saya bisa mendapatkan target saya yaitu meraih medali Asian Games. Tentu bisa menyumbangkan medali di Asian Games akan menciptakan sejarah baru di dunia renang," lanjutnya.

Perenang 23 tahun tersebut merupakan salah satu atlet terbaik yang Indonesia miliki. Semenjak meraih empat medali emas di SEA Games 2011, Siman selalu mampu menorehkan prestasi di level Asia Tenggara.

Siman masih bernafsu untuk menambah perolehan gelarnya. Perenang yang bertugas sebagai pembawa bendera kontingen Indonesia di Olimpiade London 2012 ini sangat berhasrat untuk bisa meraih prestasi terbaik di kandang sendiri. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya