Tampil di Kandang Sendiri, Pesilat Indonesia Percaya Diri

Pesilat Indonesia, Komang Harik Adi Putra dan pelatih Agus Akbar
Sumber :
  • VIVA.co.id/Riki Ilham Rafles

VIVA – Kotingen Indonesia dalam test event Asian Games 2018 Jakarta-Palembang cabang olahraga pencak silat mendapat hasil positif. Komang Harik Adi Putra yang turun di Kelas E Putra 65-70 kilogram memetik kemenangan.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Komang yang bertanding melawan wakil Thailand, Wutthichai Phuttan, di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Sabtu 10 Februari 2018, dinyatakan menang mutlak 5-0 oleh juri.
 
Sepanjang pertandingan, Komang nampak tenang dan seringkali melepaskan senyum. Dia mengaku, tampil di kandang sendiri, dengan dukungan dari ribuan penonton membuatnya tambah semangat. Apalagi, tim pelatih sudah memberinya motivasi sebelum masuk arena.

“Sebelum bertanding, tim pelatih kasih motivasi kepada saya. Mereka minta saya untuk lebih percaya diri dan tidak meremehkan lawan,” kata Komang dalam sesi konferensi pers.

6 Perguruan Pencak Silat Indonesia Tersebar di Dunia, Ada Muhammadiyah

“Yang jelas mental saya harus kuat, dan akhirnya saya bisa bermain lepas melawan atlet Thailand,” imbuhnya.

Kemenangan ini membawa Komang melaju ke semifinal berhadapan dengan atlet Kyrgizstan, Ainek Razykov. Dia tak bisa bersantai, karena menurut sang pelatih, Abas Akbar, masih akan ada evaluasi.

4 Seni Bela Diri Andalan Pasukan Elit Militer Indonesia, Ada Yong Moo Do

“Ini kesempatan awal atlet kami untuk uji coba kemampuan. Tapi tim pelatih masih akan mengevaluasi supaya bisa menaikkan performa dari segik taktik dan stamina,” kata Abas.

Yang sementara ini menjadi sorotan Abas adalah mengasah kemampuan Komang dalam membanting lawan. Dia akan terus melatih hal tersebut, agar di Asian Games 2018 nanti, semua kekurangan bisa teratasi.

“Semoga di babak selanjutnya Komang bisa terus membaik. Saya percaya dengan para atlet yang selama ini sudah berlatih keras,” harap Abas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya