Kronologi Atlet Dayung Tersetrum Saat Pelatnas Asian Games

Pedayung Indonesia, Dewi Yuliawati.
Sumber :
  • Reuters/Gonzalo Fuentes

VIVA – Nasib kurang baik diderita atlet dayung putri Indonesia untuk ajang Asian Games 2018, Dewi Yuliawati. Insiden tersetrum sengatan listrik harus dialami Dewi saat melakoni pemusatan latihan (pelatnas), Minggu 11 Februari 2018 lalu.

24 Atlet Dayung Indonesia Kejar Target Lolos Kualifikasi Olimpiade 2024

Menggelar pelatnas di Situ Cileunca, Bandung, para atlet pelatnas sebenarnya cukup terganggu dengan kabel yang melintang milik PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Namun hal tersebut kerap tidak dihiraukan. 

Dewi yang berlatih di nomor rowing mendayung menghadap belakang dan kemudian menyentuh kabel. Alhasil perahu yang ditumpanginya terbalik dan jatuh, Dewi pun tersetrum. 

Asian Games 2022: Wushu dan Dayung Buka Keran Medali Indonesia

Beberapa bagian tubuhnya mengalami luka bakar seperti bagian kaki dan wajahnya. Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) sekaligus pelatih pelatnas rowing, Agus Budi Aji mengkrtik kabel yang terlalu rendah sehingga  riskan bersentuhan dengan atlet. 

"Dewi terkena percikan apinya, beruntung kondisi ombak sedang kencang dan menjauhi posisi Dewi. Seandainya dayung tersebut masih menyangkut dan meledak, saya enggak tahu kondisinya seperti apa," ungkap Agus kepada VIVA

Dayung Sabet Perunggu Asian Games 2022, Determinasi Jadi Kunci Chelsea/Mutiara

"Kalau debit air normal itu jaraknya masih jauh dari kepala atlet. Atlet yang lain itu ada yang keluar lintasan di putaran ketiga juga ada yang menunduk dan terlentang untuk menghindari kabel," lanjut dia. 

Saat ini kondisi Dewi sudah membaik.  Agus masih akan mempertimbangkan untuk tetap menurunkan Dewi pada Asian Games Agustus mendatang.

Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie juara BAC 2024

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Jonatan Christie sang juara badminton Indonesia tidak hanya memukau publik dengan kelincahannya di lapangan. Ia pun menginspirasi banyak orang dengan kisah dermawannya.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024