INAPGOC Temui Menpora Bahas Asian Para Games 2018

Menpora Imam Nahrawi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menerima panitia Asian Para Games 2018 (INAPGOC). Pertemuan ini berlangsung di kantor Kemenpora, Senayan, Rabu 21 Februari 2018.

On This Day: Menpora Imam Nahrawi Bekukan PSSI

Usai pertemuan, Menpora, Imam Nahrawi menjelaskan bahwa pemerintah mendukung sukses Asian Para Games yang akan diadakan 6-13 Oktober 2018. Mengingat olahraga ini multi event yang sangat spesial, murni perjuangan dan sosial.

"Pemerintah dan semua elemen wajib mendukung sukses Asian Para Games, apalagi para games itu multi event yang sangat spesial, murni perjuangan dan sosial," ujar Imam.

Kasasi Ditolak, Imam Nahrawi Harus Jalani Hukuman Penjara 7 Tahun

Imam menambahkan, karena pentingnya helatan ini, tentu butuh dukungan maksimal. Soal anggaran Kemenpora memfasilitasi hal tersebut.

"Karena itu pemerintah butuh dukungan yang maksimal baik soal regulasi dan anggaran. Soal anggaran kami lakukan dengan cara fasilitasi dari Kemenpora ke INAPGOC," ungkapnya.

Skandal Olahraga, Taufik Hidayat Bocorkan soal 'Tikus' Kemenpora

Soal regulasi, dijelaskan Imam untuk Asian Games dan Para Games pihaknya menginginkan satu payung. Termasuk pengadaan barang dan jasa agar tidak terpecah-pecah saat pemeriksaan.

"Kami tidak ingin ada tafsir yang berbeda saat persiapan. Selain soal penyelenggaraan juga soal atlet," jelasnya.

Sementara itu, Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari menjelaskan, kedatangannya hari ini ingin beberapa hal terkait persiapan penyelenggaraan Asian Para Games 2018. Respon dari Kemenpora sangat diapresiasi INAPGOC.

"Kami dari INAPGOC dan saya sebagai ketua penyelenggara melaporkan masalah administrasi ke Menpora. Sangat responsif, juga berhubungan dengan lembaga negara lainnya," ungkap Okto.

Okto menambahkan, saat ini masih terkendala di Kementerian Keuangan (Kemenkeu), terkait proses Intruksi Presiden (Inpres). Karena itu, INAPGOC berharap dapat dukungan yang sama.

"Tinggal prosesnya di Kemenkeu dan kami berharap support yang sama. Hanya saja terganjal dengan inpres. Insya Allah secepatnya rampung," imbuhnya.

Seperti diketahui, Inpres Nomor 2 Tahun 2016 tentang penyelenggaraan Asian Games, juga akan mengatur tentang Asian Para Games. Hal itu yang tengah ditunggu INAPGOC.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya