Asian Games akan Diwarnai Mesin Boling Tercanggih di Asia

Atlet boling putri Indonesia, Aldila Indryati
Sumber :
  • VIVA/Aji YK Putra

VIVA – Satu lagi fasilitas bertaraf internasional hadir di Indonesia sebagai penunjang pelaksanaan Asian Games 2018. Itu adalah venue Boling yang ada di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sumatera Selatan.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Bagaimana tidak, venue tersebut diklaim sebagai salah satu yang terbaik di Asia. Yang paling membanggakan tentu penggunaan mesin boling jenis AMF yang ternyata hanya dimiliki tiga negara yakni Azerbaijan, Uni Emirat Arab, dan Indonesia yang terletak di venue Bolling Jakabaring, Palembang.

Wakil Ketua Umum sekaligus Ketua Harian Persatuan Boling Indonesia (PBI) Pusat, Cahyo Yadi, mengaku sangat bangga venue boling yang dibangun oleh perusahaan APP Sinarmas itu mampu memiliki fasilitas internasional, bahkan memiliki mesin AMF.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

“Mesin terbaru beda dengan lama, sistem skoringnya lain kemudian mesin yang di dalam itu sudah berbeda. Di Asia mesin ini baru ada di Azerbaijan, Dubai dan Palembang.” ujarnya. 

Sementara itu, Gubernur Sumsel, Alex Noerdin, juga tak ketinggalan mengungkapkan rasa puasnya setelah melihat venue baru ini. Dengan pengerjaan kurang dari dua tahun, lokasi yang dulunya merupakan rawa-rawa mampu disulap untuk menjadi venue yang bertaraf internasional.

Atlet boling putri Indonesia, Aldila Indryati, sedang menjajal venue baru

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

“Dana tidak ada, tapi saya ditugaskan Pak Suryo Bambang Sulistyo (PBI Pusat) untuk dibangunkan Bowling Center di kawasan Jakabaring karena di Jakarta kurang bagus. Dan sekarang kita mewujudkannya,” kata Alex.

Diakui Alex, pembangunan venue boling seluas 3.600 meter persegi itu tidak sedikit pun menggunakan uang pemerintah. Melainkan sumbangan dari perusahaan Asia Pulp and Paper (APP) Sinarmas dengan menghabiskan total dana sebesar Rp27 miliar.

Venue bertaraf internasional ini disambut baik oleh salah satu atlet boling nasional, Aldila Indryati. Dia mengaku adanya fasilitas seperti ini akan memacu prestasi boling untuk meraih hasil maksimal.

Atlet boling putri Indonesia, Aldila Indryati

"Mesin AMF itu adalah mesin baru. Ternyata di Indonesia, sudah ada di Palembang, ini sangat bagus. Saya harapannya setelah Asian Games, ada beberapa event boling internasional lain di Palembang karena venuenya memang sangat bagus," kata Aldila, Rabu 28 Februari 2018. 

Pada tes event kemarin, Aldila mendapatkan medali emas usai unggul dari 32 rekan lainnya di single putri. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya