Timnas Rugbi Cuma Tak Mau Jadi Bulan-bulanan di Asian Games

Suasana latihan timnas rugbi di pantai kawasan Yogyakarta
Sumber :
  • VIVA/Satria Permana

VIVA – Tak ada target medali yang dicanangkan untuk Timnas rugbi Indonesia. Mereka mengaku hanya fokus untuk berpartisipasi saja di ajang Asian Games 2018 mendatang.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Satu-satunya target yang ditetapkan Timnas rugbi adalah bermain sebaik mungkin. Mereka tak mau menjadi bulan-bulanan seperti saat tampil di SEA Games 2017 lalu.

Ya, saat itu Timnas rugbi memang menjadi bulan-bulanan Malaysia, Filipina, Thailand, dan Singapura. Mereka kalah dengan skor yang sangat mencolok.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Paling parah adalah ketika menghadapi Malaysia. Timnas rugbi dicukur 51-0.

"Fokus kami adalah memperkecil jarak. Kami sudah tertinggal jauh dari negara lain, bahkan Malaysia. Kami sadar diri, tak bisa mencanangkan target medali. Pemerintah pun memaklumi," kata manajer Timnas rugbi, Dodie Gambiro, saat ditemui VIVA, Rabu kemarin, 28 Februari 2018.

Suka Main Perempuan, Atlet Ini Sadar dan Jadi Mualaf

Fisik menjadi masalah utama bagi Timnas rugbi. Ya, memang, para pemain Timnas rugbi memiliki postur yang lebih kecil dibanding negara lain.

Namun, masalah tersebut bakal diakali dengan berbagai macam skema permainan.

"Maka dari itu, kami mau uji coba dengan tim Uzbekistan. Mereka punya postur badan lebih besar. Dan benar, rugbi memerlukan kekuatan fisik yang luar biasa," terang Dodie.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya