Kayu Khusus dari Siberia Segera Dipasang di Velodrome

Velodrome Rawamangun
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Nurhendra Saputra

VIVA – Asian Games 2018 yang akan digelar di Jakarta-Palembang tinggal menghitung bulan. Beberapa venue yang dibangun ataupun direnovasi ada yang sudah jadi dan ada pula yang hampir selesai.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Salah satu venue yang dibangun dan hampir selesai adalah Velodrome. Gedung yang berlokasi di daerah Rawamangun, Jakarta ini pembangunannya sudah mencapai 80 persen lebih. 

"Saat ini sudah mencapai 86 persen. Kami lebih cepat dua bulan, rencananya awal Mei sudah selesai," kata Project Director Velodrome, Iwan Takwin saat ditemui VIVA dalam acara Kunjungan ke venue Asian Games di Jakarta, Sabtu 10 Maret 2018. 

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Menurut Iwan, pada pekan ini akan dipasang bagian penting dari Velodrome, yaitu trek. Trek tersebut didatangkan langsung dari luar negeri. 

"Kayu trek ini didatangkan langsung dari Siberia. Dan ini merupakan standardisasi dari federasi balap sepeda dunia," tambah Iwan. 

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

"Pemasangan rencananya akan dilakukan besok, dan memakan waktu 21 hari. Kayu ini memerlukan perawatan khusus, yaitu kelembapan udara tidak boleh lebih dari 70 persen. Dan kami memiliki alat khusus. Kayu ini awet lama selama perawatannya benar," jelas Iwan.

Sementara itu, Ketua Umum Ikatan Sepada Sport Indonesia (ISSI) Raja Sapta Oktohari mengatakan, ini merupakan venue terbaik di Asia. Tekonologi di Velodrome ini mengabdopsi dari venue yang ada di London yang dulu digunakan untuk Olimpiade 2012. 

"Tentu jika sudah selesai kami akan melakukan uji coba venue tersebut. Rencananya Mei akan dilakukan uji coba," kata Okto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya