Pecahkan Rekor Dunia, Timnas Panjat Tebing Tak Boleh Jemawa

TC Timnas panjat tebing Indonesia di Yogyakarta
Sumber :
  • VIVA / Daru Waskita

VIVA – Timnas panjat tebing Indonesia punya modal berharga jelang Asian Games 2018, Jakarta-Palembang. Selama masa pemusatan latihan, beberapa rekor dunia sempat mereka pecahkan.

Menjaga Tradisi Emas Indonesia di Olimpiade 2024

Aspar Jaelolo dan Aries Susanti Rahayu, kerap melakukannya dalam sesi latihan. Keduanya sempat memecahkan rekor dunia di nomor speed selama TC.

Namun, catatan ini tak bisa dijadikan pegangan oleh Timnas panjat tebing. Sebab, catatan itu tercipta dalam latihan, bukan pertandingan resmi.

6 Event Olahraga Internasional Sukses Digelar di Indonesia pada 2023, Apa Saja?

Banyak variabel yang bisa menentukan hasil atlet di Asian Games nanti. Salah satu yang paling krusial adalah mental bertanding.

"Mental harus diperhatikan. Maka dari itu, intensitas berpartisipasi dalam kejuaraan panjat tebing internasional berpengaruh," kata Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PB FPTI, Caby Setiawan, Senin 12 Maret 2018.

Cerita Tempe Rebus dan Sang Juara Dunia Panjat Tebing

Timnas panjat tebing Indonesia memang jarang sekali mengikuti grand prix. Keterbatasan dana jadi alasan utama mengapa mereka jarang berpartisipasi di ajang internasional.

"Ini permasalahan yang kita hadapi saat ini untuk sering mengikuti ajang internasional," ujar Caby.

Rocky Gerung Diperiksa Bareskrim Mabes Polri

Rocky Gerung Terjun ke Dunia Olahraga

Pengurus Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) periode 2023-2027 yang diketuai Yenny Wahid resmi dilantik. Rocky Gerung menjabat sebagai Wakil Ketua.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2024