Atlet Sepeda BMX Indonesia Bakal Ikuti Kejuaraan di Belgia

Pelatnas Sepeda BMX saat ini masih berlatih di Sleman Youth Center, Yogyakarta.
Sumber :
  • Kemenpora

VIVA – Pelatih sepeda BMX Indonesia, Priyo Susanto, mengungkapkan bila para anak asuhnya sudah memasuki proses khusus untuk tampil di Asian Games 2018 mendatang. Bahkan, agar para atlet BMX Indonesia tampil kompetitif akan mengikuti kejuaraan lebih dulu di Belgia pada April mendatang.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Pelatnas Sepeda BMX saat ini masih berlatih di Sleman Youth Center, Yogyakarta. Priyo menyatakan saat ini para atlet tinggal fokus ke persiapan teknik saja, dan hal tersebut bakal dimatangkan pada sirkuit yang ada di Pulomas, Jakarta.

"Persiapan sejauh ini proses fase khusus, jadi sudah mulai matang. Cuma kan kita tunggu trek bmx di Jakarta (Pulomas) selesai. Kalo trek udah selesai kita bisa tahu panjangnya berapa, tingkat kesulitan di line 1234 kita breakdown, nanti kita progres, " kata Priyo di sela-sela kunjungan Menpora, Imam Nahrawi, Selasa 12 Maret 2018.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

"Secara fisik sama sistem energi mereka sudah siap. Tinggal ke teknik secara spesifik yang belum kita matangkan. Bulan April kita sudah merapat ke sirkuit Pulomas," lanjutnya.

Pelatnas BMX Indonesia saat ini diperkuat oleh Rio Akbar, Bagus Saputra dan Toni  Syarifudin, serta atlet putri Elga Kharisma Novanda. Priyo menyatakan ketiga atlet BMX putra tersebut bakal bersaing merebutkan dua tempat untuk mengikuti ajang Asian Games mendatang.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Untuk Elga, sementara tak bisa mengikuti pelatihan di Sleman karena mengalami cedera otot punggung dan tengah menjalani pemulihan di Jakarta. Namun, Priyo mengungkapkan bila peraih medali emas di ajang SEA Games 2017 di Malaysia tersebut kondisinya sudah membaik hingga 90 persen.

Bicara target di Asian Games nanti, Indonesia menargetkan medali Perak dengan lawan terberat adalah Jepang. Demi memberikan perlawanan kepada para pesaingnya, maka  para atlet BMX Indonesia bakal diikuti lebih dulu di kejuaraan Belgia guna menambah mental mereka dalam bertanding.

"Target kita perak di statistik, tapi kita berusaha emas. Di BMX Asia, parameter kejuaraannya ke  Eropa, kalo ASEAN belum ada progresnya. Persaingan kita kan cuma ada Jepang dan naturalisasi Filipina," ujar Priyo.

"Filipina latihan dan kompetisinya di Amerika. Jepang  juga ke luar Asia, ke Eropa dan Amerika.  Kalau kita mau fight kita juga harus keluar. Rencana bulan depan kita ke Belgia. Sebelum ada kejuaraan Asia di Thailand," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya