Pencak Silat Diharap Jadi Lumbung Emas Asian Games 2018

Menpora Imam Nahrawi bertemu kontingen pencak silat Indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (14/3/2018)

VIVA – Tim pencak silat Indonesia akan melakoni debutnya di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Walau baru memulai debut, mereka diharapkan bisa menjadi lumbung emas dalam kompetisi tersebut.

6 Perguruan Pencak Silat Indonesia Tersebar di Dunia, Ada Muhammadiyah

"Saya berharap pencak silat menjadi simbol besar kita. Silat lahir di Indonesia. Dan pencak silat pertama kali dipertandingkan ya di Asian Games Indonesia tahun ini, " kata Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, Selasa, 13 Maret 2018.

Dengan adanya fakta bahwa silat lahir di Indonesia, diharapkan bisa menjadi pemacu semangat dari para atlet. Berdasarkan penghitungan sementara, silat bisa menyumbang setidaknya tiga hingga empat emas.

4 Seni Bela Diri Andalan Pasukan Elit Militer Indonesia, Ada Yong Moo Do

"Semangat Indonesia sebagai negeri silat harus ditunjukkan. Dan semangat para atlet untuk otimistis telah ditunjukkan. Mereka bilang kalau emas yang bisa diraih, sekitar empat atau tiga. Tapi saya yakin kok, mereka bisa melampaui target itu, " kata dia.

Guna melampau target itu, pihaknya mempersilahkan tim pencak silat melakukan try out di Belgia Open. Tapi ia mengingatkan kehati-hatian untuk melaporkan pertanggungjawaban keuangan untuk pembiayaan.

Kenapa Pasukan TNI Kopassus Disegani Tentara Asing? Ini Penjelasannya

"Yang penting laporan administrasinya benar. Karena saya tidak ingin nanti ini menjadi hal baru dalam pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan. Makanya saya warning untuk semua cabang olahraga, harus hati-hati, " kata dia.

Imam dalam kesempatan itu juga meninjau tempat Pelatnas Asian Para Games di Stadion Sriwedari, Selasa, 13 Maret 2018. Beberapa cabang olahraga yang dicek kesiapannya, antara lain atletik, judo, basket dan balap kursi roda.

Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie juara BAC 2024

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Jonatan Christie sang juara badminton Indonesia tidak hanya memukau publik dengan kelincahannya di lapangan. Ia pun menginspirasi banyak orang dengan kisah dermawannya.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024