Angkat Besi 62 kg Resmi Dipertandingkan di Asian Games 2018

Lifter Indonesia, Eko Yuli Irawan
Sumber :
  • Asiangames2018.id

VIVA – Indonesia bisa bernapas lega. Cabang olahraga angkat besi kelas 62 kg resmi dipertandingkan untuk Asian Games 2018.

Sosok Lisa Rumbewas, Legenda Angkat Besi Indonesia Peraih 3 Medali Olimpiade

Keputusan ini menyusul surat yang diterima oleh Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) dari Dewan Olimpiade Asia (OCA) terkait hal tersebut. Dengan kata lain, Indonesia memiliki harapan untuk meraih medali melalui lifter andalannya, Eko Yuli di ajang Asian Games.  

"KOI dan INASGOC mengapresiasi keputusan OCA tersebut. Di satu sisi, keputusan itu membangkitkan optimisme dari cabang angkat besi dan juga Eko Yuli agar melakukan pesiapan yang lebih prima. Sementara itu, di sisi lain, bagi panitia penyelenggara hal ini menjadi tantangan karena nomor pertandingan bertambah," ujar Ketua INASGOC, Erick Thohir, Minggu, 18 Maret 2018.

KONI: Meninggalnya Lisa Rumbewas Jadi Duka Mendalam Bagi Olahraga Papua

Sebelumnya, timbul polemik mengenai OCA yang mengacu pada Olimpiade Tokyo 2020. Cabang angkat besi hanya mempertandingkan 14 kelas yang terbagi di putra dan putri. 

OCA kemudian memutuskan untuk menambah kelas 62 kg putra dan membuat cabang angkat besi di Asian Games 2018 akan mempertandingkan 15 kelas, yakni 56 kg 62 kg, 69 kg, 77 kg, 85kg, 94 kg, 105 kg, dan +105 kg. 

Lifter Indonesia Satrio Adi Nugroho Rebut Perak di IWF Grand Prix II di Doha

"Ini juga win win solution yang melegakan kami sebagai tuan rumah karena kans medali emas di angkat besi tetap terbuka, dan juga bagi AWF yang tidak mengalami pengurangan kelas dari rencana mereka yang mengacu pada Olimpiade Tokyo 2020. Kami berterima kasih kepada AWF dan juga PB PABBSI, serta pemerintah Indonesia yang telah mengupayakan hal ini," lanjut Erick yang juga Ketua KOI. (ase)

Magnus Iron Games

Magnus Iron Games Cetak Sejarah Dunia Powerlifting Indonesia

Tahun ini, Magnus Iron Games mencetak sejarah baru. Sebab, mereka menggelar pertandingan powerlifting untuk umum terbesar yang pernah ada di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
26 Februari 2024