Langkah Bijak INASGOC Hindari Praktik Korupsi Asian Games

Audiensi INASGOC dengan TP4 Kejaksaan Agung RI
Sumber :
  • Dokumentasi INASGOC

VIVA – Asian Games 2018 hanya tinggal beberapa bulan lagi. Hingga kini, proses persiapan masih berlangsung.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Selama masa persiapan hingga pelaksanaan, tentu melibatkan dana dalam jumlah besar. Menghindari adanya penyelewengan dana, INASGOC pun meminta bantuan pengawasan ke Tim Pengawal-Pengaman Pemerintah dan Pembangunan.

Ketua INASGOC, Erick Thohir, datang langsung ke Kejaksaan Agung Republik Indonesia, Jakarta. demi menemui Jaksa Agung, HM Prasetyo. Ditemani Wakil Ketua Pelaksana INASGOC, Letjen TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin, Erick meminta agar TP4 mengawasi penggunaan dana yang diberikan negara kepada INASGOC dalam penyelenggaraan Asian Games.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Erick menjelaskan tentang program apa saja yang dikelola oleh INASGOC. Dia juga buka-bukaan terkait dana yang diterima negara, sejumlah Rp6,6 triliun.

"Demi mengelola anggaran dalam jumlah besar, INASGOC akan merasa lebih nyaman bila mendapat pengawalan dan pengamanan dari TP4 Kejaksaan,” kata Erick.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Di sisi lain, H.M Prasetyo mengapresiasi langkah INASGOC. Memang, diakuinya, kehadiran TP4 menjadi salah satu alternatif dalam upaya pemberantasan korupsi dengan pendekatan pencegahan.

Buktinya, ada peningkatan dari kerjasama yang dilakukan beberapa lembagadi Indonesia pada 2017. Setidaknya, kegiatan yang menggandeng peran serta TP4 meningkat hingga delapan kali, dari melibatkan uang sebesar Rp109,64 triliun ke Rp977,08 triliun.

Selain pendampingan di dalam negeri, pada akhir tahun 2017, TP4 juga memperoleh kepercayaan melakukan pendampingan terhadap Pembangunan Gedung Pelayanan Satu Atap sebesar 6 juta Real Arab Saudi atau senilai Rp37 miliar pada KJRI Jeddah di Arab Saudi.

"Kesuksesan penyelenggaraan Asian Games merupakan tanggung jawab bersama. Sudah sepatutnya, Kejaksaan sebagai bagian dari pemerintah turut ambil bagian dari sisi hukum," ujar Jaksa Agung Muda Intelejen, Jan S Maringka.

Permohonan pengawalan dari INASGOC langsung ditindaklanjuti oleh Kejaksaan. Nantinya, akan dilakukan klasifikasi program INASGOC apa saja yang diprioritaskan untuk mendapat pengawalan dan pengamanan dari TP4.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya