Obor Asian Games 2018 Diterima Langsung Presiden Jokowi

Rapat Koordianasi Tingkat Menteri di Kantor Kemenko PMK
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zulfikar Husein

VIVA – Perhelatan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang tinggal 134 hari lagi. Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) melaksanakan Rapat Koordianasi Tingkat Menteri di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Kamis 5 April 2018.

Jokowi Sempat Malu karena Indonesia Belum Jadi Anggota Penuh FATF

Selepas rapat, Menko PMK, Puan Maharani menjelaskan, bahwa seluruh venue sudah siap untuk menyelenggarakan Asian Games dan Asian Para Games 2018, termasuk Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta.

Sejumlah Kementerian terkait hadir untuk membahas kesiapan Jakarta dan Palembang dalam menyambut pesta olahraga terbesar di Asia ini. Selain dari Kementerian, Ketua INASGOC, Erick Thohir dan Ketua INAPGOC, Raja Sapta Oktohari juga turut serta.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Dalam rapat tersebut, Puan menekankan dalam jangka waktu 34 hari ke depan seluruh kesiapan venue harus sudah selesai. Sebab, pemerintah ingin segera merampungkan seluruh venue saat H-100 Asian Games 2018.

"Pelaksanaan Asian Games tinggal 134 hari lagi, karena itu berbagai persiapan harus dipastikan berada pada jadwal yang sudah ditentukan. Target kami 100 hari sebelum pelaksanaan, pembangunan venue untuk Asian Games di Jakarta dan Palembang harus tuntas," kata Puan.

Pemerintah Bakal Tambah Saham di Freeport Indonesia Jadi 61 Persen, Begini Penjelasan Tony Wenas

Lebih lanjut, Puan menjelaskan tentang obor Asian Games 2018 yang akan segera dimulai pada 15 Juni 2018 mendatang. Obor tersebut bakal memulai perjalanannya dari New Delhi, India dan selanjutnya akan mengelilingi Indonesia.

"Obor akan dimulai dari New Delhi pada tanggal 15 Juni nantinya akan diwakili oleh Kemenpora India dan kemudian langsung di bawa ke Indonesia. Di Indonesia, titik pertamanya adalah di Yogyakarta, dan akan melewati 51 titik atau lokasi yang ada di Indonesia," tutur Puan.

"Karena bulan Agustus adalah momen kemerdekaan, tentu saja penyelenggaraan Asian Games harus bersinergi dengan momen kemerdekaan tanggal 17 Agustus," ujarnya menambahkan.

Pembukaan Asian Games sendiri akan berlangsung sehari setelahnya. Namun, obor yang datang dari India akan diterima langsung Presiden Joko Widodo sebelum upacara penurunan bendera di Istana Negara.

Dari sana kemudian obor dibawa ke Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK) guna menandai seremoni pembukaan Asian Games 2018. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya