Penonton Juga Jadi Kunci Kenyamanan di Asian Games 2018

Persiapan arena cabang atletik Asian Games 2018 di SUGBK
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Pemerintah telah berupaya memberikan layanan yang baik kepada para penonton di Asian Games 2018 nanti. Buktinya, adalah dengan diperbaiki dan dibangunnya fasilitas baru di beberapa venue yang dipakai untuk Asian Games.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Kompleks Gelora Bung Karno adalah salah satu venue yang dirombak besar-besaran. Beberapa fasilitas di sana, diperbaiki agar kualitasnya lebih baik.

Sebut saja Stadion Renang, Istora Senayan, hingga Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Di SUGBK, ada beberapa fasilitas yang dirombak. Rumput lapangan, ruang konferensi pers, pintu masuk penonton, hingga bangku di tribun, adalah sektor-sektor yang jadi perhatian KemenPUPR dalam proses perbaikan SUGBK.

Mempertahankan konsep yang ada, SUGBK sekarang menyajikan fasilitas cukup mewah untuk ukuran stadion di Indonesia.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Kepala Unit SUGBK, Mulyani, menjelaskan, perubahan paling signifikan dari stadion berkonsep temu gelang tersebut ada pada bangku penonton, tata cahaya, hingga rumput lapangan.

"Bangku jadi single seat dan kapasitasnya menjadi 77.500 penonton. Pencahayaan kami tingkatkan, trek lapangan dipercantik, serta rumput diperbarui," kata Mulyani.

Anggota Ombudsman, Adrianus Meliala, mengaku puas dengan hasil renovasi dari SUGBK. Diharapkan, dari perbaikan ini, muncul kepuasan di benak publik terhadap layanan di SUGBK.

"Hasilnya (renovasi) luar biasa. Lapangan, bangku penonton, toilet, dan sistem tiket yang berbasis online akan memberikan kenyamanan untuk publik," kata  Adrianus saat melakukan tinjauan ke kawasan GBK, Rabu 11 April 2018.

Hanya saja, Adrianus menegaskan kenyamanan publik sebenarnya juga terletak pada kesadaran penonton dalam bertindak tertib saat menyaksikan pertandingan. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya