Festival Akuatik Indonesia ke-2 Digelar di Jawa Timur

Logo Festival Akuatik Indonesia 2018
Sumber :
  • Media PRSI

VIVA – Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia atau PB PRSI akan menggelar kejuaraan nasional bertajuk Festival Akuatik Indonesia (FAI) 2018. Festival ini akan berlangsung di Jawa Timur 16-22 April mendatang.

Akuatik Indonesia Resmi Ganti Nama Jadi Federasi Akuatik Indonesia

FAI ke-2 ini akan melombakan empat cabang olahraga yakni renang 16-19 April di Kolam Renang Koni Jatim Surabaya; renang artistik 16-18 April di Kolam Renang Sendang Delta Sidoarjo; loncat indah 18-21 April di Kolam Renang Graha Resident Surabaya; dan pertandingan polo air 19-22 April di Kolam Renang Sendang Delta Sidoarjo.

"FAI merupakan kejuaraan bergengsi antarprovinsi dan FAI pertama tahun lalu berlangsung sukses di Palembang, Sumatera Selatan. Di FAI kedua ini, selain kelompok umur, ini merupakan uji coba dalam negeri para atlet nasional yang akan bertanding sebelum terjun di Asian Games 2018," ujar Ketua Umum PB PRSI Anindya Novyan Bakrie dalam rilis PRSI yang diterima VIVA.

Millennium Aquatic Jakarta Juara 8 Kali Kejurnas IOAC 2023

"Saat ini mereka dalam masa persiapan sebelum menuju puncaknya di Asian Games," tuturnya.

Untuk cabang olahraga renang, seluruh perenang pelatnas Asian Games dipastikan hadir. Termasuk para perenang yang saat ini tengah berlatih di Australia seperti Siman Sudartawa, Indra Gunawan, Triady Fauzi, Fadlan Prawira, Ricky Anggawijaya, dan Patricia Yosita serta Ressa Kania Dewi.

Indonesia Lolos Final Renang Estafet Campuran Asian Games 2023

Begitu juga para perenang yang sedang pelatnas di Bali seperti Adinda Larasati Dewi, Azzahra Permatahani, Nurul Fajar, AA Istria Kania Ratih, dan Vanessae Evato. Mereka akan langsung terbang ke Surabaya untuk mengikuti festival ini.

Secara total, kejurnas renang kali ini akan diikuti 21 pengprov dengan total atlet mencapai 400 perenang. Cabang olahraga polo air akan diikuti atlet berusia 20 tahun ke bawah.

Tak hanya mengikuti kejurnas, rencananya cabang polo air juga akan menggelar coaching clinic bersama pelatih tim nasional asal Serbia, Zoran Kontic.

Loncat Indah Gelar Pelatihan FINA

Menariknya, untuk kali pertama cabang loncat indah juga berencana menggelar FINA Diving Certification School for Judges pada 20-22 April. Narasumber untuk event ini berasal dari Technical Diving Committe FINA adalah Eric Brooker (Australia) dan Mathz Lindberg (Swedia).

Diketahui, Mathz Lindberg adalah mantan peloncat olimpiade dan juga suami dari peraih medali emas olimpiade Ulrika Knape-Lindberg. Dia adalah FINA Technical Diving Committee (TDC) members yang sudah menjabat selama beberapa periode.

Sementara itu, Eric Brooker adalah ayah dari Christian Brooker yang saat ini menjadi pelatih kepala di Malaysia. Dia adalah mantan peloncat dan juga sebagai Australia Diving Chairman yang merupakan mantan peloncat yang sudah membina dan mengembangkan olahraga Loncat Indah di Australia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya