Atlet Muaythai Dapat Angin Segar soal Perawatan

Poster jelang pertandingan Ricky Refwalu di Johor Malaysia.
Sumber :
  • yooying.com/persatuanmuaythainegerijohor

VIVA – Nasib sial menimpa petarung Indonesia, Ricky Asriel Refwalu. Dia kritis setelah kalah KO di laga Johor International Muaythai Championship, Sabtu 7 April 2018.

Penampilan Terkini Pemeran Tong Po di Film Laga Hits Kickboxer 1989, Michel Qissi

Dia mengalami cedera parah akibat pukulan sikut yang diterimanya saat berduel dengan atlet Malaysia, Muzz Antar Cosms. Dia kemudian dilarikan ke rumah sakit di Malaysia dan saat ini kondisinya mulai membaik. Tapi, saat ini pihak keluarga sedang dipusingkan karena terkendala biaya untuk melakukan operasi.

Insiden ini menjadi polemik, sebab pertarungan yang tersebut tidak dilaporkan kepada federasi. Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) mengamini hal tersebut dan bereaksi keras.

16 Petarung Muaythai Buru Kesempatan Tarung di Rajadamnern Stadium

"Saya sudah cek ke beberapa pengurus federasi, ternyata federasinya juga enggak tahu kalau ada pengiriman petarung ke event di Johor itu. Karena mereka tidak laporan ke BOPI, untuk nanti kami lakukan verifikasi lawannya itu siapa dan seperti apa," ungkap Sekretaris Jenderal BOPI, Heru Nugroho.

Angin segar muncul ketika Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot S Dewa Broto, mengaku akan menindaklanjuti hal ini. Mengenai peraturan yang dilanggar Asriel, Gatot tidak memusingkannya dan siap membantu keperluan sang atlet.

MMA Fight Academy: Kisah Sukses Mantan OB Menatap Duel Internasional Vs Italia

"Kami sudah komunikasi dengan pihak federasi, meskipun federasi bilang dia pergi tanpa sepengetahuan federasi dan pemerintah provinsi. Tapi saya diperintahkan pak menteri untuk melakukan monitoring," kata Gatot kepada VIVA.

"Kalau memang harus rawat inap di Rumah Sakit Olahraga Nasional (RSON) akan kami lakukan. Intinya dia sudah kritis dan poinnya dia atlet yang menjadi tanggung jawab Kemenpora. Sejauh ini kami belum mendapat laporan lebih lanjut. Intinya kami welcome kalau harus dirawat di RSON," tutur dia.

Petarung yang biasa disapa Ricky Ambon ini kalah KO di ronde pertama dalam pertandingan di Johor, Sabtu 7 April 2018 melawan Muzz Antar Cosms yang merupakan petarung tuan rumah. Dia mengalami cedera parah di bagian tengkorak depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya