Cara Unik Menteri Kabinet Promosikan Asian Games 2018

Warga berjalan di samping display promosi Asian Games 2018 di Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Penggagas jaket Asian Games yang dikenakan Presiden Joko Widodo, di Istana Bogor Kamis kemarin, 3 Mei 2018, ternyata Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Triawan mengaku, itu dilakukan sebagai bentuk sosilisasi Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games ke-18 yang akan dibuka pada 18 Agustus 2018. Karena tinggal hitungan hari, maka sosialisasi semakin dimassifkan.

Para menteri akan mengenakan baju Asian Games, seperti yang dipakai Presiden Jokowi. Sebab itu lebih gampang, sebagai promosi gratis di media.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Baca juga: Jokowi Soroti Promosi Asian Games

Jaket Asian Games 2018 Presiden Joko Widodo

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

"Kalau menteri itu kan paling sering di-interview, ketemu media. Kalau tiap hari idenya malahan yang lebih ekstrem nanti itu setiap minggu kan hari-harinya beda," kata Triawan, di Istana Negara, Jakarta, Jumat 4 Mei 2018.

Modelnya kemungkinan sama seperti yang dikenakan Jokowi, dalam bentuk jaket. Menurut Triawan, itu tidak sulit karena jumlah menteri tidak banyak. Maka nantinya, para menteri diminta untuk mengenakan lebih sering, agar Asian Games bisa terus disosialisasikan.

Jaket Asian Games 2018 Presiden Joko Widodo

Menurut Triawan, semua menteri menyetujui itu. Bahkan kalau memang ada menteri yang ingin membuat sendiri, tidak ada masalah. Tidak hanya soal baju, bahkan para menteri ini berkeinginan untuk membuat lagu jingle untuk Asian Games 2018.

"Ada ide juga dari Pak Wiranto. Pak wiranto kan penyanyi, tadi dia bergumam, menyenandung, sudah saya rekam, nanti kita buat jingle. Jadi bukan theme song," katanya.

Untuk jingle, Triawan mengaku akan mencari penyanyi dengan suara yang lebih lantang. Siapa orangnya, ia belum menyebutkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya