Alasan Menpora Yakin Gulat Cemerlang di Asian Games 2018

Menpora Imam Nahrawi saat ngevlog promosi Asian Games 2018 bareng atlet Gulat
Sumber :
  • VIVA / Dwi Royanto

VIVA – Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi yakin, gulat bakal cemerlang di Asian Games 2018 mendatang. Dia pun ingin masyarakat terus menularkan demam gulat untuk mendukung olahraga tersebut.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

"Saya sangat optimis dengan gulat. Karena pengurusnya sangat optimis target satu emas, kalau bisa tiga emas. Kalau pelatih dan orangtua optimis. Tentu pemerintah lebih optimis lagi," kata Imam Nahrawi saat membuka Liga Gulat Mahasiswa di Semarang.

Menurut Imam Nahrawi, Indonesia memiliki banyak talenta di cabang olahaga beladiri tertua di dunia tersebut. Bahkan untuk bisa tampil cemerlang pada laga nanti, para atlet gulat sedang melakoni ujicoba di Bulgaria. Mereka sedang mengasah kemampuan untuk bisa meraih poin penuh saat Asian Games nanti.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Menpora menginginkan gulat bisa menjadi sebuah industri olahraga nasional yang dikelola secara profesional. Tujuannya agar gulat menjadi olahraga favorit serta menjadi primadona bagi generasi muda.

"Seperti yang dilakukan pemerintah India yang bisa mempopulerkan gulat dengan menjadikan industri film. Film merupakan alat propaganda yang efektif untuk memajukan sebuah olahraga," tutur dia. 

Ketika Sambo Tinggalkan Jejak di Jakarta dan Palembang

Logo Asian Games 2018 Jakarta-Palembang

Ia mengapresi upaya Pengurus Provinsi Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) Jawa Tengah yang membuat Liga Gulat Mahasiswa. Di mana sistem liga dalam ajang gulat baru pertama ada di Indonesia. 

"Liga ini menjadi penting, karena semakin banyak bertanding maka semakin kuat mental kita. Liga harus dimaknai mengasah kemampuan kita," katanya. 

Terkait venue Asian Games, Nahrawi mengaku kini telah hampir rampung. Persiapannya mencapai 98 persen. Karena itu pekerjaan rumah selanjutnya, ia ingin terus membuat demam Asian Games kepada seluruh masyarakat. 

"Mendemamkan masyarakat ini tentu untuk membuat masyarakat tiada hari kecuali bicara Asian Games sampai selesai pehelatan nanti." (mus) 

Tennis Indoor Senayan jadi salah satu venue Asian Games 2018. Kini wajahnya pun sudah berubah jadi makin menawan. Yuk lihat perubahannya di video VIVA Arena berikut ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya