INASGOC Siapkan Rencana Khusus untuk Rawat Rumput GBK

Gelora Bung Karno.
Sumber :
  • VIVA/Ikhwan Yanuar

VIVA – INASGOC menyatakan bakal melakukan pemindahan sementara rumput yang ada di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan seremoni pembukaan Asian Games 2018.

Lebih dari 2 Ribu Aparat Gabungan Kawal Laga Timnas Indonesia Vs Vietnam di GBK

"Untuk Opening Ceremony, kami akan membawa perlengkapan yang tak ringan, mungkin beratnya berton-ton dan itu bisa berdampak kepada tempat itu sendiri (SUGBK)," kata Sektretaris Jenderal INASGOC, Eris Heriyanto, dalam jumpa pers di kantor INASGOC, Selasa, 15 Mei 2018.

"Makanya, rumput yang ada di SUGBK akan dipindahkan supaya tak rusak dan dipelihara di tempat lain, kemudian kami nanti pasang peralatan-peralatan untuk pembukaan di SUGBK. Selesai seremoni, rumput kami kembalikan," tambahnya.

Cari Atlet Berbakat, Triathlon Buddies 2024 Bakal Diikuti 250 Peserta

Setelah rumput dipindahkan, lapangan akan dipasang semacam pelindung bernama armor deck yang jumlahnya mencapai 18.000 meter persegi. Pemasangan alat tersebut bertujuan untuk menjaga ketahana tanah akibat beratnya peralatan seremoni.

Demi menjaga kualitas rumput tetap segar, INASGOC melibatkan berbagai pihak, salah satunya seorang ahli rumput dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Kamal Mutaqqin, yang diberikan kewenangan untuk memilihara rumput tersebut.

Half Marathon Digelar dari Monas ke GBK, Heru Budi: Bagian HUT DKI Jakarta ke-497

Rencananya rumput SUGBK akan dipindahkan ke area Lapangan Panahan dan nantinya akan dipelihara di sana.

"Rumputnya nantinya digulung dan langsung dipindahkan serta dipelihara di area panahan selama lebih dari 3 bulan. Memang butuh banyak strategi untuk memindahkan dan merawat rumput ini. Kami yakin rumput ini akan terjaga dengan baik," kata Kamal.

Upacara pembukaan Asian Games 2018 sendiri akan berlangsung di SUGBK pada 18 Agustus mendatang. Diperkirakan sekitar 5.000 orang akan berpartisipasi dalam Opening Ceremony Asian Games 2018.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya