Jelang Asian Games 2018, Rumput GBK Dicopot

Jelang Asian Games 2018, Rumput GBK Dicopot
Sumber :
  • VIVA / Donny Adhiyasa

VIVA – INASGOC memindahkan rumput Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) ke area panahan. Pemindahan ini sebagai bagian dari persiapan pembukaan Asian Games 2018.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Pemindahan rumput seluas 7.500 meter persegi ini menggunakan teknik sodding. Di mana rumput nantinya digulung lalu dipindahkan ke lokasi venue panahan selama 3 bulan.

“Infrastruktur di kawasan GBK, utamanya SUGBK merupakan aspek penting untuk suksesnya penyelenggaraan Asian Games 2018,” ungkap Direktur Utama PPK GBK, Winarto. 

Lebih dari 2 Ribu Aparat Gabungan Kawal Laga Timnas Indonesia Vs Vietnam di GBK

"Untuk menjaga aset di dalam SUGBK tetap berstandar internasional dan dapat digunakan dengan baik pada saat Games Time, dimulai Rabu 16 Mei 2018, dengan pemindahan rumput di dalam SUGBK," katanya.

Logo Asian Games 2018 Jakarta-Palembang

Cari Atlet Berbakat, Triathlon Buddies 2024 Bakal Diikuti 250 Peserta

Winarto menambahkan, pemindahan rumput dari SUGBK ini sudah dikonsultasikan dengan pakar ahli rumput IPB. Sehingga tidak akan ada kesalahan ketika memindahkan rumput tersebut. 

"Kemudian dengan menggunakan armor-deck sebagai pelindung permukaan tanah maupun lintasan lari sehingga tidak turun," tambah Winarto.

Nantinya, proses itu juga akan menggunakan perlengkapan berat yang mungkin beratnya berton-ton namun tidak merusak permukaan tanah dan lintasan lari untuk atletik di SUGBK.

“Pemindahan sementara rumput ini tentunya akan dilakukan dengan prosedur yang benar dan baik. Memang jika dilihat, proses ini membutuhkan banyak strategi untuk merawat dan memindahkan rumput di SUGBK.” ujar Qamal Mutaqin, Pakar Ahli Rumput IPB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya