Kata Pemerintah Soal Travel Advice Jelang Asian Games

Warga berjalan di samping display promosi Asian Games 2018 di Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Tantangan besar kini tengah dihadapi bangsa Indonesia sebagai tuan rumah gelaran Asian Games 2018. Rentetan serangan teroris di Jawa Timur dan Riau menjadikan aspek pengamanan jadi sorotan tajam.

Gerindra Sebut Dasco dan Puan Faktor Penting Percepatan Rekonsiliasi Politik

Usai kejadian tersebut, sejumlah negara mengecam dan mengeluarkan pernyataan travel advice. Hal ini tentunya harus menjadi perhatian penting pemerintah guna memulihkan stigma buruk Indonesia terkait tragedi tersebut.

Menyikapi hal tersebut, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani membenarkan adanya travel advice dari beberapa negara terhadap Indonesia dan percaya pemerintah mampu menjamin keamanan pada gelaran Asian Games pada Agustus mendatang.

Hasto PDIP: Mbak Puan Ketua DPR Selanjutnya Sesuai Arahan Ibu Megawati

"Memang ada beberapa negara sampai saat ini masih mengeluarkan travel advice. Travel advice merupakan tanggung jawab  dari masing-masing kepada warga negaranya yang berada di Indonesia atau akan ke Indonesia, untuk menjaga keselamatan dirinya saat berada atau datang ke Indonesia," ujar Puan Maharani usai rapat tingkat Menteri soal pengamanan Asian Games, Kamis 17 Mei 2018 di Jakarta.

"Namun kami harapkan, Insya Allah dengan seluruh dukungan bangsa Indonesia, tentu saja antisipasi bantuan semua pihak dari Polri, BIN, BNPT, BSSN dan Kementerian lembaga serta seluruh pemerintah, kami harapkan dalam waktu tidak lama travel advice bisa dihilangkan, dan indonesia bisa dinyatakan kembali atau tidak mendapat travel advice dari negara tersebut," tegas Puan.

Puan Maharani Ingatkan Pemudik Hati-hati karena Jutaan Orang Akan Mudik

Hadir dalam pertemuan tersebut, Sekretaris Menpora Gatot Dewa Broto, Wakil Ketua INASGOC Sjafrie Sjamsoeddin, Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari.

Turut hadir pula dalam rapat tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, Ketua BNPT Suhardi Alius.

Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie juara BAC 2024

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Jonatan Christie sang juara badminton Indonesia tidak hanya memukau publik dengan kelincahannya di lapangan. Ia pun menginspirasi banyak orang dengan kisah dermawannya.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024