Keamanan Asian Games Bergantung Prosedur Zero Tolerance

TEST EVENT BMX ASIAN GAMES 2018
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

VIVA – Pemerintah kembali menjamin keamanan pelaksanaan Asian Games 2018. Mereka percaya pesta olahraga terbesar se-Asia tersebut akan berlangsung lancar.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Situasi keamanan di Indonesia memang sedang disorot. Berbagai serangan teror yang melanda Surabaya hingga Riau sempat membuat khawatir berbagai pihak akan kelangsungan Asian Games.

Kondisi langsung diatasi oleh pihak keamanan, polisi maupun TNI. Mereka bersatu demi menangkap beberapa anggota terduga teroris agar aksi serupa tak terulang.

Gerindra Sebut Dasco dan Puan Faktor Penting Percepatan Rekonsiliasi Politik

Namun, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, menyatakan kewaspadaan dan kerja sama masyarakat Indonesia justru jadi pertahanan pertama dalam menangani situasi seperti ini. Andai ada kerja sama dan persatuan di kalangan masyarakat, Puan yakin Asian Games bisa berlangsung lancar.

"Kami mengimbau seluruh masyarakat dan media massa untuk bekerja sama mendukung pelaksanaan Asian Games dengan menumbuhkan serta membangkitkan semangat optimisme," kata Puan.

Hasto PDIP: Mbak Puan Ketua DPR Selanjutnya Sesuai Arahan Ibu Megawati

"Harus ditunjukkan bahwa Indonesia mampu, bisa. Bersama, mari kita sukseskan Asian Games," lanjutnya.

Di sisi lain, Wakil Ketua INASGOC, Sjafrie Sjamsoeddin, menyatakan pihaknya bersama aparat berwajib sudah sepakat terkait protokol keamanan selama gelaran Asian Games. Sjafrie pun percaya kebijakan zero tolerance bisa menjadi kunci keamanan dan kenyamanan dalam perhelatan ini.

"Pengamanan sepanjang event menggunakan standar internasional. Lalu, ada prosedur tetap yang berbasis zero tolerance," tegas Sjafrie. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya