Ada Jalur Khusus untuk Bus Atlet Selama Asian Games 2018

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA / Anwar Sadat

VIVA- Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan memastikan para atlit peserta Asian Games akan ditempatkan di Wisma Atlet Kemayoran Jakarta Pusat. Para Atlet menurut Anies juga sudah sial dan memaklumi apabila perjalanan dari Wisma Atlet ke Venue Asian Games tidak dapat dicapai dalam waktu 30 menit.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

"Mereka memaklumi perjalanan ke sana (Venue Asian Games), tidak bisa setengah jam. Mau jalan tol dikosongkan gak bisa," kata Anies Selasa 22Mei 2018.

Namun meski begitu, Pemprov DKI terus berupaya sekuat tenaga agar perjalanan Atlet dari Wisma Atlet menuju Venue dapat dipercepat. Salah satu caranya yakni dengan membuat jalur khusus bus Atlet di Tol Dalam Kota.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Pemprov DKI akan bekerjasama dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) untuk memfasilitasi bus khusus yang mengangkut atlet melewati jalur khusus di tol.

"Jadi rekayasanya sudah disiapkan ada jalur tol, jalur khusus di tol untuk bus pengangkut atlit dan nanti yang permanen selama acara itu adalah di dalam ringroad dalam kota karena mereka memfasilitasi untuk ruteĀ  wisma atlit senanyan, wisma atlit-taman mini-cibubur-rawamangun itu yang sehari-hari nanti akan disiapkan jalur khsus di tol," ujarnya

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Nantinya bus tersebut akan berangkat setiap 5-10 menit dari Wisma Atlet. Bus tersebut akan melaju di atas jalur khusus yang dipersiapkan untuk bus yang mengangkut Atlet tersebut.

"Setiap lima menit bisa berangkat, apalagi dimasa-masa awal semua masih ikut pertandingan padat sekali jadi masa-masa awal betul-betul seperti jalur Tramsjakarta sekarang. Di tol ada satu jalur yang khsusus di pakai untuk bus atlet," kata Anies.

Untuk melakukan sterilisasi jalur agar tak ada kendaraan lain yang melintas, di jalur tersebut akan dibatasi denganTraffic Cone. "kemudian yang kedua disemua wilayah yang ada venue akan diberlakukan kebijakan ganjil genap sejak mulai akhir juli sampai penyelenggaraan sehingga masayarakat sudah terbiasa," paparnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya