Kompleks Terpadu Jakabaring Bikin Filipina Terkesima

Filipina tinau venue Asian Games di Palembang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sadam Maulana (Palembang)

VIVA – Sejumlah negara peserta Asian Games 2018 mulai mendatangi kota Palembang. Tujuan mereka untuk meninjau langsung dan memastikan kesiapan beberapa venue yang akan menjadi gelanggang para atlet.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Terbaru, tuan rumah Asian Games kedatangan tamu dari Filipina, Minggu 27 Mei 2018. Delegasi yang berjumlah tujuh orang itu menyambangi Kompleks Jakabaring Sport City yang menjadi lokasi sejumlah venue.

"Saya sangat kagum dengan kompleks JSC karena venue yang ada disini saling berdekatan. Disini juga ada penginapan, jadi atlet lebih dekat dengan lokasi bertanding," kata Ketua Team NOC Filipina, Roberth Bachmn.

Palembang Diselimuti Kabut Asap, Indonesia Vs Brunei Batal Digelar di Jakabaring

Menurut Roberth, dengan venue yang terpusat menjadi sebuah keuntungan bagi para atlet. Apalagi, beberapa venue yang ada di JSC bisa dijangkau hanya dengan berjalan kaki dari lokasi penginapan.

"Hal ini tentunya memudahkan atlet dan official dalam mempersiapkan laga-laga di nomor cabor andalan. Saya juga terkesima, kompleks ini sangat terpadu," ujar Roberth.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Bagi Roberth, saling terintegrasinya venue dan sarana lainnya merupakan nilai plus bagi tuan rumah Palembang sebagai kota kedua penyelenggara selain Jakarta. Karena itu, sebagai persiapan pihaknya langsung melakukan peninjauan.

Delegasi Filipina ingin meninjau langsung beberapa fasilitas, terutama cabang olahraga (cabor) yang menjadi target perolehan medali.

Adapun cabor yang menjadi target Filipina diantaranya boling, menembak, tenis, panjat tebing dan triathlon. Kebetulan semua cabor ini akan dipertandingkan di Palembang.

"Kami juga ingin beradaptasi lebih lama terutama dengan venue dan cuaca di Palembang. Kami datang lebih awal dengan tujuan mempersiapkan diri lebih baik," jelas Roberth.

Koordinator Internasional Relationship and Protokol Inasgoc untuk Palembang, Yasser Arafat, mengatakan delegasi Filipina bukanlah yang pertama mengunjungi kota Palembang.

Rata-rata mereka menilai, kota Palembang memang telah siap menjadi tuan rumah pada Agustus mendatang. Mereka juga mengapresiasi bagaimana Jakabaring lebih mudah terjangkau sehingga memudahkan para atlet bertanding.

Meski saran tentang percepatan pembangunan venue dan taman sempat diutarakan delegasi Filipina, namun secara umum, penilaiannya terhadap kota Palembang cukup baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya