'Karpet Merah' Disiapkan untuk Peserta Asian Para Games

Simulasi Arrival & Departure Interval Asian Para Games.
Sumber :
  • VIVA/Donny Adhiyasa

VIVA – Persiapan Indonesia sebagai tuan rumah pesta olahraga bangsa Asia ke-18 terus menuju proses pemantapan, baik aspek infrastruktur maupun skema pelayanan. Bukan cuma Asian Games, ajang Asian Para Games 2018 pun mulai fokus mempertajam sejumlah hal penunjang.

Apresiasi Unik untuk Atlet Asian Games dan Asian Paragames 2018

Salah satu yang turut jadi sorotan adalah terorganisirnya persiapan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, dalam menyambut para atlet delegasi negara kontestan Asian Para Games 2018.

Hal ini juga yang menjadi perhatian besar INAPGOC selaku panitia pelaksana Asian Para Games 2018 dalam agenda Simulasi Arrival & Departure Interval Asian Para Games, Selasa 5 Juni 2018 di beberapa lokasi Bandara Soekarno-Hatta.

Aset Warisan Asian Games dan Para Games, Lari ke Mana?

Selain untuk menguji kesiapan dalam menerima kedatangan para atlet yang akan bertanding, momen tersebut juga sebagai pemantapan koordinasi dengan jajaran instansi terkait seperti PT Angkasa Pura II, Direktorat Bea dan Cukai RI, Kepolisian Resort Bandara, Dirjen Keimigrasian RI dan Otoritas Bandara Soekarno-Hatta.

"Sebanyak 3.000-4.000 atlet Asian Para Games nantinya akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta, dan tersedia jalur khusus yang akan diakomodir segala kebutuhan mereka termasuk pengangkutan barang dan peralatan untuk bertanding," ungkap Kepala Otoritas Bandara Wilayah I Soekarno Hatta, Bagus Sunjoyo, kepada para wartawan.

Ketua INAPGOC Klaim Asian Para Games 2018 Terbaik Sepanjang Sejarah

"Simulasi ini juga jadi pantauan kesiapan ajang Test Event yang akan digelar 24 Juni mendatang yang menggunakan terminal 2 dan 3. Kami cek semua jalur kedatangan di Bandara Soetta serta memastikan alat-alat penunjang difabel yang akan digunakan atlet," jelas Andrianto Soedjarwo selaku Direktur Arrival & Departure INAPGOC.

Pada gelaran Test Event dan Asian Para Games nanti, rombongan atlet peserta akan diakomodir jalur khusus imigrasi, akreditasi tanda pengenal serta bantuan petugas pengangkutan bagasi yang tak tergabung dengan para penumpang lain.

Untuk memaksimalkan pelayanan kepada para rombongan kontingen peserta Asian Para Games, Bandara Soekarno-Hatta juga akan dilengkapi fasilitas-fasilitas penunjang yang ramah bagi penyandang difabilitas seperti lift dan tangga khusus. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya