Asian Games 'Terancam' Piala Dunia dan Pilpres 2019

Mural bergambar maskot Asian Games 2018 di Pucang Sawit, Jebres, Solo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

VIVA – Semarak Asian Games XVIII yang diselenggarakan di Jakarta dan Palembang, terancam disaingi oleh ramainya dua perhelatan yang tak kalah besar, yaitu Piala Dunia di Rusia, serta pendaftaran capres-cawapres pada Agustus.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf mengatakan, bahwa hal itu menjadi perhatian khusus Presiden Joko Widodo. "Disampaikan bapak presiden, kita ini (Asian Games) sekarang terancam dalam tanda kutip oleh world cup, sepak bola, dan juga oleh pendaftaran capres cawapres," ujar Triawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 5 Juni 2018.

Menurut Triawan, hal itu jadi sebab Jokowi mengumpulkan ratusan kalangan yang termasuk golongan 'influencer' atau bisa memengaruhi masyarakat dalam jumlah banyak seperti selebriti, hingga vlogger. Jokowi ingin kalangan tersebut membuat Asian Games justru memiliki promosi yang tidak kalah semarak.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

"Bagaimana caranya kita bisa numpang kepada acara World Cup supaya relevan dengan Asian Games, juga numpang dengan Pilpres agar tetap relevan dengan Asian Games," ujar Triawan.

Triawan menyampaikan, upaya promosi Asian Games yang serius digencarkan satu tahun terakhir sebelum perhelatan digelar antara 18 Agustus hingga 2 September 2018, sudah lebih meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap acara itu. TNI-Polri turut terlibat mempromosikannya pula di seluruh Indonesia usai Jokowi juga meminta peningkatan promosi dalam ratas beberapa waktu yang lalu.

Ketika Sambo Tinggalkan Jejak di Jakarta dan Palembang

"Kemarin masalahnya, jangankan gairah, masih banyak yang salah ngomong 'Asian Games' sama 'SEA Games'. Sekarang sudah menjadi lebih baik, mudah-mudahan ke depannya lebih baik lagi (setelah melibatkan influencer)." 

Sebelumnya diberitakan, Jokowi mengumpulkan kalangan influencer di Istana Negara. Sejumlah vlogger yang dikumpulkan di antaranya Edho Zell dan Nessie Judge. Sementara, dari kalangan artis, ada Once Mekel, Marcell Siahaan, Iwa K, Gading Marten, Irfan Hakim, Indra Bekti, Lukman Sardi, Andre Hehanusa, Wahyu Aditya, Indy Barends. Kalangan atlet antara lain diwakili Susi Susanti, Alan Budikusuma, Tontowi Ahmad, dan Liliyana Natsir. (mus)

Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie juara BAC 2024

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Jonatan Christie sang juara badminton Indonesia tidak hanya memukau publik dengan kelincahannya di lapangan. Ia pun menginspirasi banyak orang dengan kisah dermawannya.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024