Target Jangka Panjang Panjat Tebing Usai Asian Games 2018

Ketua Pengprov FPTI Sumatera Selatan, Beni Hernedi
Sumber :
  • VIVA/Sadam Maulana

VIVA – Peningkatan prestasi dan rekor dunia yang dipecahkan atlet panjat tebing menjadikan cabang olahraga ini sebagai salah satu yang ditargetkan dapat meraih medali Emas pada ajang Asian Games 2018.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Bahkan, cabang olahraga Panjat Tebing ditargetkan dapat meraih dua medali Emas dari enam medali yang diperebutkan, pada event yang berlangsung di Jakarta dan Palembang, 18 Agustus hingga 2 September 2018.

"Target dari PP FPTI (Federasi Panjat Tebing Indonesia), panjat tebing harus meraih dua medali emas Asian Games. Dengan kualitas atlet yang kita punya saya yakin target ini bisa terealisasi," kata Ketua Pengurus Provinsi FPTI Sumatera Selatan, Beni Hernedi di Palembang, Sabtu 9 Juni 2018.

Rocky Gerung Terjun ke Dunia Olahraga

Menurut Beni, panjat tebing saat ini telah bergeser dari olahraga ekstrim menjadi olahraga prestasi. Terbukti dari ditunjuknya cabang ini sebagai salah satu pendulang medali di ajang Asian Games.

"Yang membanggakan ialah salah satu yang akan berjuang di Asian Games nanti adalah Hinayah, atlet asli Sumatera Selatan. Tidak selesai di sini, karena target kita ke depan adalah untuk memperbanyak atlet dan meningkatkan prestasi panjat tebing secara luas," ungkapnya.

Menjaga Tradisi Emas Indonesia di Olimpiade 2024

Beni yang baru saja dilantik sebagai ketua FPTI untuk empat tahun ke depan, mengaku memiliki target dalam pengembangan atlet panjat tebing secara berkelanjutan. Apalagi, di Kompleks Jakabaring Sport City Palembang sudah terdapat venue panjat tebing berstandar internasional.

Dia juga berharap dukungan semua pihak agar dalam periode kepengurusannya ke depan. Misi besar diemban Beni beserta jajaran pengurus untuk masa bakti empat tahun ke depan dapat terwujud.

Salah satu yang utama adalah mengenai pembinaan yang diharapkan menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Utamanya, usia dini yang dimungkinkan untuk bisa menjadi atlet masa depan Sumsel, secara nasional maupun internasional.

"Tentu dalam upaya memasyarakatkan olahraga ini, kami berharap dukungan semua pihak. Pemerintah, swasta, dan tentunya semua kalangan. Kita akan mulai dengan menampung aspirasi Pengcab, merencanakan seri sirkuit dan menjajaki potensi pemanjat," ujar Beni.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya