Kompleks GBK Dikritik Kurang Ramah Bagi Penonton Difabel

Simulasi kedatagan-keberangkatan atlet Asian Para Games di Soekarno-Hatta.
Sumber :
  • INAPGOC

VIVA – Komite Paralimpiade Nasional (NPC) Indonesia berharap ada tambahan kapasitas ruang penonton pengguna kursi roda dalam setiap venue pertandingan Turnamen Invitasi Indonesia Para Games 2018 yang berlangsung di komplek Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, mulai Rabu, 27 Juni 2018 hingga Selasa, 3 Juli 2018.

Apresiasi Unik untuk Atlet Asian Games dan Asian Paragames 2018

Ketua NPC Indonesia, Senny Marbun, menjelaskan bahwa sebagian penonton difabel tidak begitu dimanjakan dengan kondisi tribun yang ada di arena-arena komplek GBK.

"Untuk penonton, tempat ini kurang tentunya. Sebagian penonton akan berada di tribun bawah untuk menyaksikan pertandingan," kata Senny Marbun, saat ditemui wartawan dalam pertandingan para bulutangkis di Istora Senayan, Jakarta, Rabu siang.

Aset Warisan Asian Games dan Para Games, Lari ke Mana?

Senny menambahkan bahwa penonton kursi roda Asian Para Games nanti bukan hanya dari Indonesia. Sebagian perlombaan juga bakal disaksikan oleh penonton kursi roda dari negara-negara kawasan Asia.

Selain itu, Senny juga mengingatkan panitia Turnamen Invitasi Indonesia Para Games 2018 menyesuaikan dengan kondisi atlet-atlet para games, terutama ketika atlet, ofisial, atau penonton difabel yang ingin masuk ke arena pertandingan.

Ketua INAPGOC Klaim Asian Para Games 2018 Terbaik Sepanjang Sejarah

"Akses bagi pengguna kursi roda untuk masuk arena penonton di Istora masih terlalu curam sehingga perlu dibantu para sukarelawan. Kamar kecil di stadion juga perlu ada pegangan bagi pengguna kursi roda," ucapnya.

Menurut Senny, Turnamen Invitasi Indonesia Para Games 2018 cabang olahraga bulutangkis seharusnya dijadikan kesempatan untuk mempertajam kemampuan atlet jelang Asian Para Games 2018 mendatang.

"Semua atlet kami akan turun. Mereka sebelumnya sudah menyabet gelar juara umum dalam kejuaraan di Irlandia," ujarnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya