Rahasia Zohri Kunci Status Juara Dunia

Pelari Indonesia, Muhammad Zohri saat merayakan kemenangan
Sumber :
  • Lehtikuva/Kalle Parkkinen via REUTERS

VIVA – Tak ada yang spesial dalam menu latihan sprinter muda Indonesia, Lalu Muhammad Zohri. Dia melahap menu latihan yang sama dengan atlet lain selama persiapan menuju Kejuaraan Dunia Atletik U-20.

Sport Centre Sumut Target Rampung Juli 2024, Ini Pesan Menko PMK

Namun, ada dua faktor yang membuat Zohri akhirnya bisa meledak dan jadi juara di Kejuaraan Dunia Atletik U-20, Finlandia.

Pelatih sprint Indonesia, Eni Sumartono, menyatakan Zohri memiliki perbedaan yang mutlak dengan pelari lainnya. Frekuensi langkah Zohri lebih cepat ketimbang sprinter muda lain.

4 Fakta Kelvin Kiptum Pemenang London Marathon Meninggal Dunia karena Kecelekaan

Inilah yang membuat Zohri bisa tampil apik di Kejuaraan Dunia Atletik U-20. "Kelebihan itu memang harus dimiliki oleh setiap sprinter," kata Eni.

Kesuksesan Zohri jadi juara sebenarnya tak diprediksi. Makanya, Eni kaget saat mengetahui Zohri bisa mengalahkan dua sprinter Amerika Serikat, Anthony Schwartz dan Eric Harrison, dalam nomor 100 meter.

Profil Kelvin Kiptum, Pelari Marathon Pemegang Rekor Dunia yang Meninggal di Usia 24 Tahun

"Perbaikan dalam teknik start miliknya juga berpengaruh. Sejak awal, teknik start dia sebenarnya kurang bagus," terang Eni.

Kesuksesan Zohri mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Salah satunya dari Presiden RI, Joko Widodo. Jokowi berencana untuk mengundang Zohri dalam sebuah pertemuan.

Jokowi juga berniat untuk merenovasi rumah Zohri. Real Estate Indonesia pun akan memberikan rumah kepada Zohri di Nusa Tenggara Barat. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya