Api Obor Asian Games Tiba di Yogyakarta, Ini Rute Pawainya

Api Obor Asian Games Tiba di Yogyakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon


VIVA - Api obor Asian Games 2018 telah tiba di Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa 17 Juli 2018. Api yang jadi simbol sudah semakin dekatnya Asian Games itu tiba sekitar pukul 08.00 WIB pagi.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Api dibawa oleh legenda bulutangkis Indonesia, Susi Susanti, yang kemudian diserahkan ke Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU), Marsekal Madya TNI Yuyu Sutisna. Lalu obor api akan dibawa ke Museum Dirgantara.

Tampak api dibawa ke sana oleh Susi, Yuyu, juga Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X. "Dibawa ke Museum Dirgantara menginap," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda DIY, Ajun Komisaris Besar Polisi Yuliyanto, di DIY, Selasa 17 Juli 2018.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Di sana, api akan diinapkan selama satu hari sebelum akhirnya dibawa ke Candi Bokoharjo pada Rabu 18 Juli 2018 sore. Kemudian, dari Candi Bokoharjo, api dibawa menuju ke Candi Prambanan dan bakal dipertemukan dengan api Merapen dari Jawa Tengah.

Api abadi dari India dipertemukan dengan api Merapen di Candi Prambanan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla. Setelah itu, pada malam harinya api dibawa ke Kraton Yogyakarta.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Pada Kamis 19 Juli 2018, api dibawa dari Kraton menuju Tugu Pal Putih untuk dilakukan kirab. Usai dikirab, kemudian api kembali dibawa ke Candi Prambanan untuk dibawa ke Solo dan diteruskan lagi ke beberapa daerah lain di Indonesia.

"Kemudian akan dikirab di wilayah DIY, disambut warga masyarakat Yogyakarta. Kemudian pada hari berikut (Kamis) akan diestafet ke wilayah Jateng (kemudian), akan berputar ke beberapa wilayah di Indonesia," katanya lagi.

Panitia penyelenggara Asian Games (INASGOC) telah menyiapkan rangkaian acara sebelum berlangsungnya perhelatan pesta olahraga terbesar se-Asia tersebut. Salah satunya adalah pawai obor, yang rencananya akan dilangsungkan di beberapa daerah di Indonesia. Pawai obor di Indonesia bakal diawali pada 18 Juli mendatang dan memulai perjalanannya dari Kota Yogyakarta.

"Mulainya nanti dari Prambanan, Yogyakarta karena api yang dari India akan kami gabung dengan api dari Merapen, Yogyakarta. Baru kami start ke arah Timur sampai dengan Lombok terus kami terbang ke Raja Ampat, Sorong, sehabis itu ke Sulawesi, Selayar dan juga Makassar, lalu ke Kalimantan, terus ke Aceh, lalu melewati Pekanbaru, Padang, Jambi, dan sampai ke Palembang," kata Sekretaris Jenderal INASGOC, Eris Herryanto, di Hotel Century Jakarta, Selasa 10 Juli 2018. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya