Titik Api Bergerak ke Jakabaring, Kebakaran Hutan Ancam Asian Games

Pemadaman kebakaran hutan dan lahan melalui helikopter di di Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan.
Sumber :
  • VIVA/Sadam Maulana

VIVA – Kelangsungan Asian Games 2018 di Palembang terancam. Ancaman kebakaran hutan yang sempat dikhawatirkan ternyata benar-benar terjadi.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Lagi-lagi, Kabupaten Ogan Komering Ilir menjadi kawasan yang paling banyak terdapat titik api. Dan, saat ini, titik api mulai mengarah ke kawasan Jakabaring.

Situasi tersebut langsung ditanggapi oleh Satuan Tugas Karhutla Sumatra Selatan. Komandan Satgas Karhutla Sumsel, Kolonel Inf Imam Budiman, pada Jumat 20 Juli 2018, memastikan pihaknya bakal mengatasi masalah ini.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Imam menegaskan sudah menyiapkan anggota Satgas Karhutla hingga 600 personel. Mereka dibagi ke dalam 60 tim yang masing-masing berjumlah 10 orang.

"Setiap tim akan menjaga dan mengamankan wilayahnya, sesuai fungsi. Terkait yang mengarah ke Jakabaring, itu jadi prioritas agar kebakaran cepat dipadamkan," kata Imam.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Hampir 90 persen lahan yang terbakar, disebutkan Imam, bermula dari tindakan oknum yang memang sengaja melakukannya.

Imam menyayangkan tindakan oknum ini. Sebab, harga diri Indonesia bisa rusak karena Karhutla yang mengganggu Asian Games.

Bukan cuma penanggulangan secara teknis. Tapi, Satgas Karhutla juga melakukan pendekatan kepada masyarakat agar tak membakar lahan demi mencegah meluasnya kebakaran.

"Untuk operasi Kamtibmas, disiagakan personel di lokasi itu. Andai ada lahan terbakar, kami berkomunikasi dengan pemilik lahannya dan koordinasi dengan Polda Sumsel untuk meneliti penyebab kebakaran," terang Imam. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya