Menpora Harap Asian Games Jadi Ajang Pemersatu Bangsa

Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrawi.
Sumber :
  • Dokumentasi Kemenpora

VIVA – Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, menyebut Asian Games bisa jadi momentum pemersatu bangsa, termasuk para pemuda yang tergabung dalam Komite Nasional Pemuda Indonesia atau KNPI. Sebab itu, dia mengajak para pemuda Indonesia ikut menyukseskan gelaran olahraga internasional yang berlangsung di Jakarta dan Palembang ini.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Wajar Menpora menyinggung soal medium pemersatu KNPI sebagai bagian dari elemen bangsa. Diketahui, saat ini KNPI mengalami dualisme kepengurusan, bahkan tiga kubu. Imam berharap perbedaan pendapat itu tidak menyurutkan semangat KNPI untuk mendukung even Asian Games. 

"Mari kita manfaatkan momentum ini. Jadikan Asian Games jadi spirit pemersatu bangsa. Asian Games dijadikan alat pemersatu. Termasuk KNPI yang berbeda pusatnya juga bisa bersatu karena Asian Games," kata Menteri Imam Nahrawi saat menyaksikan Pelantikan DPD KNPI Jatim di International Expo Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu, 21 Juli 2018. 

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Pelantikan KNPI Jatim yang dihadiri Menpora itu adalah kepengurusan Mochammad Nur Arifin kubu Kongres Papua. Acara dikemas Countdown Asian Games. Karena itu, nuansa Asian Games begitu mencolok sejak awal sampai ujung acara. Misalnya, ada bola raksasa yang diarak ratusan siswa dan pemuda saat menyambut Imam Nahrawi. 

"Ini adalah hajat Indonesia. Kita warga Indonesia Wajib mendukung. Kalau kita mengaku sebagai merah putih mari kita wujudkan bahwa Indonesia adalah negara yang aman dan nyaman. Dengan demikian bukan tidak mungkin Indonesia akan menjadi tuan rumah dalam gelaran World Cup (Piala Dunia)," kata Imam.  

Ketika Sambo Tinggalkan Jejak di Jakarta dan Palembang

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Jatim, Mochammad Nur Arifin, mengatakan Asian Games adalah momentum istimewa bagi bangsa Indonesia. Menurutnya, Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games pada tahun 1962 dan baru bisa menjadi tuan rumah pada tahun 2018. 

Spirit untuk pemersatu bangsa harus digaungkan. Karena itu, KNPI mendukung penuh Asian Games.

"Orang boleh berbeda parpol, orang boleh berbeda pilihan, tapi mereka semua tentu sama-sama senang ketika melihat timnas Indonesia menang. Semua senang jika atlet Indonesia juara dan mendapat emas," ujar Wakil Bupati Trenggalek itu.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya