Simone Julia, Pesona Atlet Blasteran Nan Seksi di Asian Games 2018

Penggawa Timnas jiu-jitsu Indonesia, Simone Julia
Sumber :
  • VIVA / Ridho Permana

VIVA – Simone Julia, namanya mungkin masih jarang terdengar di telinga. Maklum saja, sebab olahraga yang digelutinya pun belum terlalu populer di Indonesia.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Namun, kondisi itu tak menyurutkan niatnya untuk membela Indonesia di Asian Games 2018. Dia menjadi salah satu atlet Merah Putih dari cabang jiu-jitsu.

Simi, panggilan akrabnya, akan berlaga di kelas 62kg. Bukan hal yang mudah bagi wanita blasteran Kanada-Indonesia itu untuk mewujudkan impiannya tersebut.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Untuk menggapai impiannya membela Tim Merah Putih di Asian Games 2018, banyak pengorbanan yang harus dilakukan Julia. Salah satunya dengan meninggalkan profesi sebagai model dan aktris. Ini dilakukan demi memperlihatkan keseriusannya dalam membela Indonesia.

Atlet Jujitsu Indonesia, Simone Julia

Ketika Sambo Tinggalkan Jejak di Jakarta dan Palembang

"Ketika saya dengar saya dapat kesempatan untuk ikut Asian Games, saya langsung merasa 'It's like following your dream'. Ini impian saya dari kecil. Sejak kecil saya sangat suka olahraga. Ikut kompetisi sebesar ini kesempatan sekali dalam hidup. Kalau dunia artis bisa kembali kapan saja," kata Julia di situs Kemenpora.

Terpilihnya Julia untuk menjadi atlet pelatnas jiu-jitsu memberinya sebuah kesempatan untuk membuktikan kemampuannya yang telah dilatih selama kurang lebih tiga tahun. Kehadirannya juga menjadi kesempatan untuk semakin mempopulerkan jiu-jitsu ke masyarakat Indonesia. Terlebih, dia memiliki daya tarik dari wajah yang cantik dan tubuh yang seksi.

"Justru karena belum populer makanya saya memilih jiu-jitsu. Dari situ saya semakin tertarik. Ini bukan olahraga gampang, karena menuntut untuk berpikir. Itu yang membuat saya terus menekuni olahraga ini," kata wanita yang mempunyai ibu berdarah Palembang.

Namun, kondisi tersebut bukannya tak menyulitkan Julia. Situasi ini kerap membuatnya kesulitan mencari lawan tanding yang sepadan. Padahal, latihan itu diperlukan agar bisa membuat simulasi pertandingan.

"Kesulitannya olahraga ini masih kecil di Indonesia. Jadi, belum banyak sparring partner perempuan. Apalagi sudah mencari lawan yang seukuran dengan saya di Indonesia," tutur dia.

Atlet Jujitsu Indonesia, Simone Julia

Tapi, dengan kondisi yang sulit pun dia masih tetap berprestasi dengan meraih dua emas di ajang Kejurnas dan satu emas di turnamen Indonesian Submission Championship. Dia juga pernah mendapat dua emas dalam turnamen di Malaysia.

Tentunya, melihat perjuangan Julia, kita patut memberikan apresiasi dengan memberikan dukungan penuh. Bukan tidak mungkin, setiap dukungan yang kita berikan bakal menjadi modal bagi para atlet untuk meraih kejayaan di event olahraga terbesar se-Asia.

Lihat persiapan atlet Indonesia cabang balap sepeda dalam mengincar empat medali emas, hanya dalam video di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya