Logo BBC

Sudah Ditutup Jaring, Bau Kali Item Masih Tercium Selama Asian Games?

Penutupan waring untuk mengurangi bau di Kali Item, dekat Wisma Atlet Kemayoran
Penutupan waring untuk mengurangi bau di Kali Item, dekat Wisma Atlet Kemayoran
Sumber :
  • REUTERS/Willy Kurniawan

Sejumlah pekerja terlihat sedang membangun tenda putih berukuran besar di luar bangunan Wisma Atlet yang letaknya persis bersebelahan dengan Kali Sentiong, Kemayoran, Jakarta Pusat. Selama dua pekan sejak 18 Agustus mendatang para atlet Asian Games bakal bersantap pagi, siang, dan malam di tenda ini.

Dengan waktu yang tersisa, pendirian tenda diperkirakan bakal rampung sebelum hari-H. Namun, biang masalah yang belum terpecahkan adalah bau tak sedap yang tercium dari sungai yang sedemikian tercemarnya kemudian dijuluki Kali Item oleh penduduk sekitar.

Sekalipun pemerintah DKI sudah menutup kali itu dengan jaring hitam atau waring, bau busuk masih tercium. Hal ini diungkapkan salah satu warga, Joni Sinulingga ketika ditemui BBC News Indonesia di bantaran Kali Item, Selasa (24/07).

"Ya jelaslah. Cuma karena sudah terbiasa ya baunya duren . Namanya sudah terbiasa kan," ujar Joni sambil terkekeh.

Namun, Biru Suryanto yang tinggal sejauh lima meter dari sungai itu berujar bahwa bau menyengat sudah lebih berkurang dari sebelumnya. Ditambah lagi, jaring yang membentang sepanjang sekitar 600 meter itu justru `mempercantik` kali berwarna hitam itu.

"Berkurang sih, menambah keindahan pemandangan juga," cetusnya.

"Memang sebetulnya harusnya sampai keliling , jadi masyarakat mau buang sampah atau apa, mungkin takut lah," imbuhnya.